Bau Mulut Saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya

 

, Bau Mulut Saat Puasa? Begini Cara MengatasinyaAdalah jamak ketika berpuasa mulut menjadi bau.  Penyebab utama bau mulut ini biasanya disebabkan oleh bakteri-bakteri yang hidup di dalam mulut terutama pada bagian belakang lidah. S

elain itu, penumpukan plak serta infeksi gusi juga bisa menjadi penyebab lain. Biasanya ini terjadi karena kurangnya perawatan pada mulut dan gigi.

Selain tidak nyaman, bau mulut ternyata juga bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Untuk  mengatasi masalah bau mulut ini maka ketika malam hari, kita bisa mengonsumsi beberapa bahan-bahan sederhana berikut ini:

  1. Salah satu penyebab timbulnya bau mulut ini karena saat berpuasa tubuh mengalami kekurangan cairan, untuk itu perbanyak minum air putih saat sahur dan setelah berbuka, minimal 10-12 gelas per hari.
  2. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti citrus, berries dan sebagainya.
  3. Rempah-rempah alami seperti daun mint, ketumbar, kulit kayu manis, cengkeh dll juga cukup efektif untuk mengatasi masalah bau mulut.
  4. Sayuran yang kaya enzim pencernaan dan serat pun bisa digunakan, seperti timun, batang seledri, wortel daun kemangi dll.
  5. Konsumsi yogurt. Bakteri dalam yogurt memberikan perlindungan kepada lidahsehingga bakteri penyebab bau mulut tidak dapat tumbuh.

Selain mengkonsumsi beberapa bahan-bahan yang telah disebutkan diatas ada baiknya untuk selalu menyempatkan sikat gigi dan berkumur menggunakan mouthwash setelah santap sahur, berbuka dan sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran bakteri yang akan menimbulkan bau mulut saat berpuasa di siang hari. [berbagai sumber]

 

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.