Begini Cara Mengasuh Anak Perempuan (2-Habis)

0

ibu anak4. Banyak dielus dan dibelai adalah hal yang harus dilakukan dalam mengasuh anak wanita. Hal ini bertujuan untuk memperkuat ikatan batin antara anak dan orang tua. Sebagaimana Rasulullah bersabda, “Berwasiatlah kalian dengan kebaikan kepada para wanita, karena wanita itu diciptakan dari tulang rusuk,” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Anak wanita perlu dilatih skillnya atau kemampuannya untuk menjadi seorang ibu. Ini sebagai salah satu cara mempersiapkan diri anak ketika ia akan beralih profesi menjadi seorang ibu rumah tangga, yang wajib taat pada suami dan mengasuh anak-anaknya kelak. Modal dasar yang harus diberikan adalah sikap lemah lembut dan penyayang (wadud). Selain itu rasa nyaman pun perlu diberikan padanya.

6. Biasakanlah anak untuk melaksanakan shalat dan puasa.

7. Sediakan lingkungan yang baik untuknya. Allah berfirman, “Hai Maryam, taatlah kepada Tuhanmu, sujud dan ruku’ lah bersama orang-orang yang ruku,” (QS. Ali Imran; 43). Jadi, lingkungan itu amat berpengaruh bagi seorang anak, khususnya wanita. Karena wanita amat mudah dipengaruhi teman dan lingkungan. Jika lingkungan itu baik, maka baik pula lah kepribadian anak. Namun sebaliknya, jika lingkungannya buruk maka buruk pula lah keperibadian anak.

8. Lindungi anak dari kejahatan lingkungan. Kita harus mengenalkan anak pada pohon kekerabatan. Lalu kenalkan pada sentuhan, baik itu yang pantas, meragukan dan tidak pantas. Serta beri tahu ia bagaimana adab berpakaian dan bergaul.

9. Tanamkan rasa malu dan muru’ah (menjaga kehormatan). []

Sumber: Peran Ayah Mengasuh Mendidik Anak/Karya: Irwan Rinaldi

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline