Begini Caranya Hidup Hemat (1)

0

, Begini Caranya Hidup Hemat (1)Hemat pangkal kaya, tapi itu dengan catatan kalau kita tahu caraya berhemat. Ingat, berhemat bukan berarti menyiksa diri sendiri. Kunci dari hemat adalah bagaimana cara kita mengelola keuangan. Dengan begitu, kita tetap dapat menikmati hasil kerja tanpa kehilangan kesempatan membangun masa depan. Sebab pengella keuangan yang baik dapat memberikan jaminan masa depan yang lebih cerah.

Hemat perlu dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Ketika masih anak-anak kita dilatih oleh orangtua dan guru untuk berhemat dengan cara menabung sebagian uang jajan. Jika sejak kecil kita sudah terbiasa menabung dan tidak langsung menghabiskan uang yang ada, maka benar akan menjadi kebiasaan kita. Namun, bagaimana kalau sejak kecil kita sudah terbiasa boros dan tidak bisa berhemat?

Membangun kebiasaan hemat memang sulit karena memerlukan komitmen dan disiplin yang kuat. Biasanya, hal yang paling sulit dalam berhemat adalah menunda atau mengerem keinginan.

Membangun kebiasaan hemat dapat memulai dari hal-hal sepele dalam kehidupan sehari-hari. Jika kita dapat berhemat dalam hal sepele, maka kita mempunyai harapan besar dapat berhemat untuk hal-hal yang lebih besar.

Berikut beberapa contoh tindakan sepele sebagai latihan untuk membiasakan diri hidup hemat.

1. Belilah atau buatlah sebuah celengan

Buatlah komitmen untuk memasukkan ke dalam celengan uang dalam nominal tertentu yang Anda terima. Misalnya, setiap Anda menerima uang Rp 10.000-an, Anda akan memasukkannya ke dalam celengan dan tidak akan membelanjakannya. Jadi, kapan pun Anda memegang uang Rp 10.000-an, maka itu jatah untuk celengan Anda. Dan jangan pernah Anda mengambil tabungan ini kecuali Anda benar-benar membutuhkannya.

Lakukan ini selama beberapa lama sampai menjadi kebiasaan Anda. Dalam beberapa waktu, Anda akan melihat hasilnya yang cukup lumayan.

2. Membuat daftar belanjaan setiap pergi ke pasar atau mall

Anda harus berkomitmen untuk tidak belanja barang di luar daftar yang ada. Untuk “memaksa” diri Anda tidak membeli barang di luar daftar, bawalah uang pas yang hanya cukup untuk belanja barang yang tercatat. Lakukan ini setiap Anda pergi belanja. Akan lebih baik jika barang-barang belanjaan yang diperlukan sudah Anda anggarkan di awal bulan.

3. Lakukan penghematan listrik, air dan telepon

Jika tidak bisa berhemat, pengeluaran untuk membayar listrik, air dan telepon atau isi pulsa HP cukup besar tiap bulannya. Untuk menghemat listrik data dimulai ketika memilih dan membeli barang-barang elektronik. Belilah barang-barang elektronik yang hemat listrik, matikan lampu jika tidak diperlukan, matika AC yang tidak ada orang, dan sebagainya. Penggunaan air juga sebaiknya dihemat, apalagi jika menggunakan jasa PDAM. Begitu pula dengan telepon rumah atau HP. Gunakan untuk keperluan yang penting. Jangan digunakan untuk menggosip atau mengobrol ke sana ke mari tanpa maksud.

BERSAMBUNG

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline