Begini Caranya Hidup Hemat (2-Habis)

0

, Begini Caranya Hidup Hemat (2-Habis)4. Bayarlah tagihan tepat waktu

Bayarlah tagihan, baik tagihan kredit, tagihan listrik, air atau telepon. Dengan membayar tagihan tepat waktu, Anda akan terhindar dari denda yang biasanya dihitung per hari.

5. Kurangi kebiasaan jajan di luar

Kita sering menganggap enteng kebiasaan jajan di luar yang hanya menghabiskan beberpa lembar ribuan. Tanpa kita sadari, kebiasaan membeli cemilan, rokok atau jajanan ringan lainnya, cukup menghabiskan banyak uang jika diakumulasikan dalam jangka waktu tertentu. Jika memungkinkan lebih baik membuat sendiri makanan ringan untuk anggota keluarga. Di samping hemat, membuat makanan sendiri jelas lebih sehat dan terjamin kebersihannya, daripada membeli makanan di luar.

6. Belilah barang-barang saat diskon

Membeli pakaian atau yang lain, pada saat sale atau diskon akan menghemat uang Anda. Namun, perlu dingat, barang-barang yang akan dibeli itu adalah barang-barang yang sudah dianggarkan sebelumnya. Jika belum dianggarkan, meskipun ada diskon besar-besaran di suatu mall, jangan pernah tergoda untuk mempir, walaupun hanya seedar melihat. Sebab, kemungkinanan Anda tergoda cukup besar. Jika ini yang terjadi, berarti Anda membeli bang yang belum dianggarkan.

7. Telitilah saat membeli barang

Saat membeli barang perhatikan bagaimana kualitas barang. Jangan hanya ergiur dengan diskon besar. Jangan-jangan barang yang sudah didiskon itu adalah barang yang sudah memiliki cacat. Jangan hanya karena harga murah, lalu An da serta merta membelinya tanpa melihat kualitasnya. Lebih baik membeli barang yang sedikit mahal tapi awet, daripada membeli barang yang murah tapi cepat rusak.

Itulah beberapa tips ringan yang dapat diterapkan untuk membentuk kebiasaan hemat. Denagn disiplin tinggi dan komitmen yang kuat, Anda akan memiliki kebiasaan hemat, tanpa kehilangan kesempatan untuk bersenang-senang. Dengan demikian, kesuksesan akan menjemput Anda suatu saat nanti. [Sumber: Kebiasaan Orang-orang Hebat/Karya: Alvin Pratista/Penerbit: Sinar Kejora]

HABIS

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline