Begini Redam Pertengkaran di Rumah Tangga

0

 

, Begini Redam Pertengkaran di Rumah TanggaDalam menjalani kehidupan rumahtangga, tentunya tidak akan pernah ada yang mulus 100%. Karena memang fitrah kehidupan adalah adanya persoalan.

Di antara persoalan-persoalan yang ada, pasangan suami isteri kerap melampiaskan kemarahan yang terseimpan di dalam dirinya dengan marah-marah. Dan ketika hal itu terjadi, rumah seakan menjadi neraka, karena masing-masing pihak tidak mau megalah.

Nah, bagi Anda yang pernah mengalami hal tersebut, sebaiknya membaca tips-tips berikut, seperti dilansir vemale.com (17/06/13).

Gunakan Telinga, Bukan Mulut Anda

Saat Anda dan pasangan tak henti-hentinya berdebat seperti musik yang diulang lagi dan lagi, tentu rasanya akan jenuh. Coba tekan tombol ‘pause’ pada mulut Anda dan berilah jeda agar telinga Anda mendengar dan otak Anda mulai berpikir perlahan-lahan.

Penelitian membuktikan bahwa pasangan yang tidak bahagia adalah karena seringkali kurang didengarkan (dan kurang mendengarkan). Mereka saling bersahutan satu sama lain dan tidak memulai pembicaraan yang mencari solusi sama sekali.

Ini Bukan Masalah Pribadi

Saat Anda dan pasangan bertengkar, jangan membiarkan pikiran negatif menyetir Anda sehingga Anda menjadikannya masalah pribadi. Artinya, Anda menggunakan ego untuk menyadari bahwa Anda yang tersakiti.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengutarakan padanya. Bila Anda lelah mencoba, katakan padanya agar ia tahu apa yang Anda rasakan. Sebagai pasangan yang baik, ia akan mengajak Anda duduk dan memikirkan bersama. Bukan meninggalkan Anda atau sama-sama menyerah.

Berhenti Mencoba Memenangkan Masalah

Seringkali ketika masalah menghadang, pasangan akan saling mencoba membuktikan siapa yang paling benar dan siapa yang akhirnya memenangkan masalah tersebut. Hey, bukankah kita sedang menghadapi masalah cinta? Anda tidak sedang menghadapi kasus pengadilan, lho.

Berhenti saling mengalahkan. Mulailah saling mendamaikan. Anda sudah cukup dewasa untuk bisa membicarakan masalah dengan pasangan Anda.

Ingat, Anda Adalah Pasangan

Bila mendengar kata pasangan, masihkah Anda ingin saling mengalahkan? Pasangan sejati itu menghadapi masalah bersama. Wajar bila sesekali tersulut emosi, namun bukan berarti hubungan Anda sudah tidak bisa tertolong lagi.

Masalah seharusnya bisa membuat cinta Anda saling menguatkan. Memang tidak mudah, namun tanpa mengalami kesulitan, Anda tak akan pernah belajar apa-apa, bukan?

Jangan biarkan emosi membakar dan menghanguskan cinta yang dulu bersemi di antara Anda dan pasangan. Cobalah untuk saling mendengarkan dan mau menyelesaikan masalah. Semoga bermanfaat. []

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline