Belajar Ujian Nasional (UN) Dengan Cara Yang Menyenangkan

Ujian nasional atau UN selalu saja membuat para pelajar menjadi stress dalam memikirkan ujian tersebut. UN memang menjadi hal yang paling menakutkan bagi sebagian pelajar.

Ujian nasional bukan menguji seluruh mata pelajaran yang kita pelajari di sekolah. Tetapi, menguji beberapa mata pelajaran pokok yang penting saja. Seperti, IPA atau IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika.

UN sebenarnya hanya menguji kita dengan materi-materi apa saja yang sudah kita pelajari di sekolah. Namun, hal tersebutlah yang membuat pelajar menjadi stress dan pusing, karena harus mempelajari dan mengingat materi awal yang diajarkan.

 

Cara Menyenangkan Belajar Ujian Nasional (UN) Tanpa Stress

, Belajar Ujian Nasional (UN) Dengan Cara Yang Menyenangkan
Ujian Nasional tetap Tersenyum (Foto : Dollar Photo Club)

Banyak sekali para pelajar yang awalnya sangat malas belajar tiba-tiba menjadi semangat belajar karena UN. Ada sebagian pelajar yang belajar tanpa henti, seperti belajar disekolah pada pagi hari, belajar di tempat bimbel pada siang hari, dan belajar dirumah hingga larut malam. Hal tersebut tentu saja dapat membuat pelajar tertekan. Bukan hanya itu saja cara belajar tersebut juga sangat tidak efektif.

Dalam menghadapi ujian nasional sebaiknya pelajar mencari cara yang menyenangkan untuk belajar materi yang akan diujikan. Sehingga dengan cara belajar yang menyenangkan tersebut dapat menghindari perasaan stress dan tertekan. Berikut adalah beberapa cara belajar yang menyenangkan untuk menghadapi Ujian Nasional.

Memilih Gaya Belajar Yang tepat

Setiap masing-masing individu pasti memiliki cara belajar masing-masing. Ada individu yang senang belajar ketika mendengarkan musik, ada yang nyaman untuk belajar ujian nasional di tempat yang tenang, ada yang lebih senang menghapal dan sebagainya. Dengan menemukan dan memilih gaya yang tepat sesuai dengan diri kita sendiri dapat membuat belajar menjadi lebih efektif.

Memahami Point Penting Dari Materi

Jika kita belajar semua materi dari mata pelajaran yang akan diujikan maka akan banyak sekali materi yang harus kita hapal atau kita pelajari. Belajar dengan cara seperti itu membuat sebagian orang menjadi stress. Memahami point penting dari setiap materi yang kita pelajari kemudian kita kembangkan materi tersebut sendiri dapat lebih memudahkan kita dalam belajar.

Belajar Bersama Teman

(Foto : Shutterstock)

Belajar untuk menghadapi ujian nasional bukan hanya dapat dilakukan sendiri. Tetapi juga dapat dilakukan bersama dengan teman. Cara belajar seperti itu juga terasa lebih menyenangkan. Karena kita bisa menanyakan materi yang tidak kita paham kepada teman kita dan kita juga dapat melakukan tanya jawab soal dengan teman kita.

Beberapa cara diatas merupakan cara yang lebih menyenangkan untuk belajar dalam persiapan UN. Semoga cara-cara tersebut dapat bermanfaat.

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.