Berapa Jam Sebaiknya Tidur Siang?

 

, Berapa Jam Sebaiknya Tidur Siang?Anda bisa menyempatkan tidur siang? Memang, tidur siang sangat bagus terutama bagi seseorang yang mempunyai aktivitas padat. Tapi berapa lama sebaiknya tidur siang dilakukan?

Tidur Siang selama 10 Menit

Tidur siang selama 10 menit secara langsung menghilangkan kekakuan dan meningkatkan kerja otak setidaknya selama 2,5 jam. Sementara kalau hanya 5 menit, percuma saja.

Tidur Siang selama 20 Menit

Keuntungannya akan menambah reaksi Anda terhadap kecepatan dalam mengerjakan pekerjaan berhitung. Namun, tentu saja efeknya tidak segera terjadi. Setidaknya butuh 35 menit untuk menetralkan kondisi otak setelah bangun dari tidur.

Tidur Siang selama 30 Menit

Awalnya Anda akan merasa masih mengantuk, namun selama 5 menit kemudian Anda akan lebih waspada dan secara mental segar untuk waktu selama 90 menit. Tetapi, tidur selama 10 menit lebih baik, untuk menghindari efek tidak menyenangkan karena terlalu banyak tidur.

Tidur Siang selama 45-90 Menit

Selama 45-90 menit, Anda menuju ke arah tidur nyenyak, namun tanpa menyelesaikan siklus tidur dengan lengkap. Tubuh Anda akan terasa lebih tidak enak setelah bangun tidur, dibandingkan sebelum tidur.

Tidur Siang selama 90-110 Menit

Rata-rata siklus tidur orang kurang dari 90 menit, waktu yang ideal untuk tidur siang dengan waktu cukup lama. Jika tidur siang lebih dari waktu itu, kemungkinan merupakan tanda-tanda gangguan tidur.

Tidur siang tidak boleh terlalu lama apalagi dilakukan setelah jam 4 sore. jika tidur siang dengan waktu yang terlalu lama bisa menyebabkan pusing dan mengakibatkan tubuh menjadi lemas. Terlebih lagi bila waktu tidur kita di malam hari normal, yakni 7 sampai 9 jam. []

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.