Boikot Produk Yahudi, Mungkinkah?

0

, Boikot Produk Yahudi, Mungkinkah?Dunia internasional sekarang ini sedang menggaungkan boikot produk-produk Yahudi. Ini terkait kekejaman yang mereka lakukan kepada warga Gaza, utamanya para perempuan dan anak-anak. Di Indonesia sendiri, yang mayoritas penduduknya muslim dan sudah pasti anti Israel, mengalami kesulitan ketika hendak memboikot produk Israel.

Ada beberapa yang perlu menjadi catatan di sini.

Pertama, publik hanya teriak-teriak boikot produk Israel tetapi tidak tahu pasti mana saja sebenarnya produk Israel yang beredar di sini. Padahal begitu banyak jenis barang dan mereknya.

Kedua, produk-produk Israel bukan cuma membanjiri Indonesia, tapi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-harinya. Tak percaya? Sebutlah lagi beberapa merek barang, bahkan tempat berbelanja Carrefour pun termasuk buatan orang-orang Yahudi Israel. Kalau sejumlah produk tersebut diboikot, berarti masyarakat Indonesia harus siap-siap melepaskan semua barang tersebut dan tidak lagi memakainya dalam kehidupan keseharian. Mungkinkah? Agaknya berat, sebab film-film Hollywood di bioskop dan televisi yang kita tonton pun adalah juga produk seniman keturunan Yahudi. Banyak handphone dan media jejaring sosial seperti facebook dan twitter juga buatan orang-orang keturunan Yahudi yang terkenal amat jenius itu.

Sebagai gerakan moral, tentu penting dan baik-baik saja kita memboikot produk Israel, bangsa rasis yang zalim itu. Tapi ketika persoalan ini dibawa ke ranah sosio-politik, tentunya agak berat. Sebab, globalisme telah menyatukan dunia dalam satu ruang dan waktu. Tanpa sadar kita telah menjadi bagian masyarakat dunia. Sebaliknya, dunia luar termasuk produk Israel, juga menjadi bagian dari masyarakat kita, Indonesia. Ada semacam saling ketergantungan.

Nah, akhirnya tetap menjadi pertanyaan besar: mungkinkah kita memboikot produk-produk Israel terutama yang beredar di Indonesia?

Sebenarnya mungkin saja, walau agak susah. Susah di sini karena kita pasti harus kesana-kemari untuk bahkan mencari sebuah pasta gigi sekalipun misalnya. [Sumber: zhmwriter]

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline