Cara Menangani Anak Yang Suka Marah

0

Anak yang biasanya suka marah-marah dan mudah sekali ngambek dalam berbagai hal memang sangatlah membuat orang tua lelah dan kesal terhadapnya. Terlebih lagi, dalam beberapa kejadian yang dipicu oleh keinginan anak yang sulit untuk dimengerti. Apabila hal tersebut dibiarkan maka akan berdampak buruk terhadap perkembangan emosional anak.

Orang tua harus mampu menjadi penyejuk hati bagi anaknya ketika anaknya emosi ataupun ngambek terhadap suatu hal. Sehingga si anak akan mampu mengakui kesalahannya sendiri dan mengurungkan emosinya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi anak yang suka marah.

anak tenang, anak perempuant enang
Anak yang tenang

Pertama, perhatikanlah pola makan anak dan kesehatan otaknya. Biasanya anak bisa jadi marah karena ia merasa lapar ataupun kesehatannya terganggu. Kedua hal tersebut bisa menyebabkan emosi meningkat. Maka dari itu berilah anak asupan gizi yang sesuai dan baik untuk otaknya dan jagalah pola makannya agar lebih teratur.

Kedua, orang tua harus tau kondisi anaknya. Bisa jadi si anak emosi atau menjadi suka marah-marah karena ia memiliki sebuah masalah dilingkungan sekolah ataupun lingkungan mainnya. Dari situlah masalah dapat terpecahkan dan orang tua bisa memberikan solusi yang tepat dalam menanganinya.

Ketiga, berikan perhatian kepada anak dan dengarkan segala macam keluhannya. Anak sangat senang jika diberikan perhatian oleh kedua orang tuanya. Ia akan merasa bahwa dirinya tidak sendirian dan memiliki kedua orang tua yang menyayanginya. Dengarkan segala macam keluhan anak, dengan begitu jika si anak merasa nyaman. Ia pasti akan mengemukakan masalahnya dan alasan kenapa ia marah.

Keempat, jika ingin memberikan nasihat, maka pilihlah waktu dan suasana yang pas. Kebanyakan orang tua salah dalam mengambil waktu. Karena hal tersebut justru akan membuat si anak semakin emosi dan tidak mau mendengarkan nasihat dari orang tuanya. Sebelum memberikan nasihat sebaiknya check kondisi si anak terlebih dahulu. Apakah emosinya masih tinggi atau sudah redah dan juga jangan sekali-kali menasihati anak jika suasana sedang genting-gentingny karena si anak akan semakin prustasi dan emosi.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menangani anak yang suka marah, peran orang tua sangatlah dibutuhkan. Karena orang tua adalah aset utama bagi si anak dalam proses perkembangan dan pembelajarannya mengenai kehidupan.

 

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline