Cara Mendekatkan Sang Kakak dengan Adik Bayi

0

Terkadang memiliki anak dengan jarak usia yang sangat dekat membuat orang tua kerepotan mengurus anak-anak tersebut. Apalagi sang anak yang lebih tua cenderung lebih rewel, tidak sayang dan cemburu dengan adiknya. Hal tersebut terutama terjadi karena sang anak merasa kurang perhatian dan kasih sayang orang tuanya yang lebih perhatian dengan adik bayiyang baru lahir. Jika rasa cemburu yang dimiliki sang kakak terus dibiarkan hingga ia mulai bertambah besar, maka akan biasa membuat sang kakak semakin tidak simpati dengan adiknya. Oleh sebab itu, masalah ini harus segera diatasi dengan cara menumbuhkan rasa simpati untuk memupuk rasa kasih sayang sang kakak kepada adiknya.

Tips Agar Anak Paham Tentang Konsep Kakak-Adik

Ada cara efektif yang dapat dilakukan untuk mendekatkan sang kakak dengan sang adik yang baru lahir, antara lain:

  • Mengajak sang kakak berkomunikasi dengan sang adik yang masih dalam kandungan. Sebaiknya sejak hamil, sang kakak sudah dikenalkan oleh adiknya yang masih dalam kandungan dan menjelaskan bahwa sebentar lagi ia akan mempunyai adik. Buatlah kakak menjadi senang dan menanti kelahiran adiknya.
  • Mengenali rasa cemburu sang kakak dan segera mengatasinya. Jika perilaku sang kakak terlihat mulai berbeda sebelum mempunyai adik, sepertinya sang kakak mulai merasa cemburu. Oleh sebab itu, sebaiknya segera beri pengertian kepada sang kakak bahwa ayah dan ibunya tetap sayang dengannya, hanya saja sang adik bayi membutuhkan perhatian lebih.
  • Melibatkan sang kakak ketika sedang mengurus adik. Sang ibu bisa mengajak sang kakak memandikan sang adik bayi, dengan begitu sang kakak akan bermain-main sambil ikut memandikan adiknya. Pelan-pelan cara ini bisa menumbuhkan jiwa persaudaraan kepada adiknya.
  • Membagi perhatian kepada sang kakak. Jangan lupa ayah dan ibu bergantian memberi perhatian kepada sang kakak ketika sedang mengurus sang adik, misalnya dengan cara mengajak bermain, mengajak bercerita, atau menanyai sang kakak tentang apa yang sudah dilakukan. Dengan begitu, sang kakak tidak akan merasa kurang perhatian dari orang tuanya.

Itulah beberapa cara efektif yang dapat ayah dan ibu lakukan supaya sang kakak sayang dengan adik bayi hingga mereka beranjak semakin besar.

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline