Cara Menyelesaikan Hutang

, Cara Menyelesaikan Hutang

Namanya orang hidup, pasti saja mungkin berhutang. Jika tidak dalam jumlah kecil, bisa jadi jumlahnya besar. Nah, bagaimana caranya supaya kita bisa melunasi hutang-hutang kita?

1. Buatlah daftar dari semua hutang kita.

Buat semua daftar hutang kita. Daftar hutang harus diurutkan dari yang terbesar ke yang terkecil. Jangan lupa mencantumkan suku bunga yang berlaku untuk tiap tiap hutang.

2. Prioritaskan pembayaran

Bayar hutang yang terkecil terlebih dahulu. Lunasi sehingga tidak menjadi beban lanjutan bagi kita. Sementara bayar minimal buat hutang yang lebih besar. Jika hutang kecil dapat diselesaikan lanjutkan ke hutang yang lebih besar. Kita juga dapat menyelesaikan hutang dengan bunga tinggi terlebih dahulu, baru yang berbunga rendah. Para ahli juga merekomendasikan kita untuk membayar minimal dua kali pembayaran minimal sehingga hutang kita akan selesai kurang dari tiga tahun.

3. Jangan menyelesaikan hutang dengan hutang lainnya.

Dengan kata lain jangan membuka kartu kredit untuk menyelesaikan hutang hutang masa lampau sekalipun dengan iming-iming free transfer balance. (Kecuali jika free transfer itu diikuti dengan free interest. Inipun harus dilakukan dengan nasihat ahli).

Percaya deh, menyelesaikan lubang dengan menggali lubang akan membuat kita makin pusing.

4. . Jangan berhutang lagi

Kala hutang kita lunas lupakan untuk berhutang lagi. Bayar setiap tagihan dengan tepat waktu. [cara jadi kaya]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.