Cara Ubah Kebiasaan Buruk

, Cara Ubah Kebiasaan BurukSetiap manusia memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini yang terkadang menjadi pembeda antara orang yang biasa bersikap baik dan buruk. Memang, orang buruk tak akan selamanya menjadi buruk, begitu pun orang yang baik. Ia tak akan selamanya bersikap baik.

Hanya saja, semua itu tidaklah dapat dikatakan 100% benar, jika tidak didasari hal-hal tertentu. Jika orang baik tetap menjaga kebaikannya, dengan bersikap wara’ atau hati-hati terhadapa apa pun, maka ia akan terjaga dari perbuatan yang buruk. Begitu pula dengan orang buruk. Jika ia tidak berusaha mengubah kebiasaan buruknya itu, maka selamanya ia tak akan bisa menjadi baik.

Bila selama ini Anda merasa memiliki kebiasaan yang buruk, maka tak ada salahnya Anda lakukan beberapa tips ini.

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengubah kebiasaan buruk ialah niatkan dalam hati bahwa Anda ingin berubah. Niat ini bukan hanya sembarang niat, tapi niat yang sungguh-sungguh dengan penuh keyakinan bahwa Anda mampu mengubah diri Anda menjadi baik.

2. Coba atur kembali jadwal keseharian Anda. Jika sebelumnya Anda bersikap acuh terhadap waktu, maka kali ini Anda harus memperdulikan hal yang satu ini. Sebab, jika kita terus dikejar-kejar oleh waktu, maka hati kita pun akan merasa tidak tenang.

3. Salah satu kebiasaan buruk kita ialah dalam hal makanan. Ya, kita sering tidak memperdulikan kapasitas yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga kita lebih banyak makan. Padahal, hal itu dapat menjadi sumber penyakit bagi Anda. Oleh karena itu, mulailah perhatikan pola makan Anda. Karena, percuma jika kita sukses tanpa dibarengi dengan kesehatan yang baik.

4. Mulailah cintai terhadap lingkungan. Lakukan dari hal terkecil terlebih dahulu, namun secara terus menerus. Misalnya, membuang sampah milik Anda sendiri. Insya Allah kebiasaan buruk Anda yang tak peduli terhadap lingkungan, sedikit demi sedikit akan berubah menjadi baik, dengan cinta terhadap lingkungan.

5. Kurangi waktu tidur kita. Sedikit tidur itu lebih baik daripada kebanyakan tidur. Hal ini yang juga dilakukan oleh Rasulullah SAW. Maka dari itu, biasakan untuk bangun malam setiap harinya. Karena, saat seperti itu, merupakan waktu yang tepat untuk kita bermunajat kepadaNya.

Itulah beberapa tips yang dapat menjadi panduan bagi Anda untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi baik. Sebenarnya, masih banyak hal yang dapat Anda lakukan. Namun, yang pasti adalah semua itu harus diawali dengan niat yang sungguh-sungguh, lillahi ta’ala. Dan tanamkan keyakinan pada diri Anda bahwa Anda mampu mengubah kebiasaan buruk Anda selama ini. []

Artikel Terkait

Ruangan komen telah ditutup.