Cegah Bau Mulut Waktu Puasa Ramadan yuk Santap 3 Makanan Ini Saat Sahur

0

Saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan ini sering kali kita mengalami bau mulut tak sedap. Menyabalkan memang apa lagi ketika momen penting buka bersama. Ketemu teman , kerabat dan keluarga jadi kurang Percaya Diri. Bau mulut akan menghancurkan kredibilitas kita .

So, yu kita atasi semua ini untuk menjaga kredibilitas kita . Bau mulut atau nafas kurang sedap sebenarnya terjadi karena dua hal, yakni masalah mulut dan kesehatan pencernaan.

Jadi cara mengatasi bau mulut saat puasa, kita mulai dengan   memperbaiki pola makan. Kita seimbangkan asupan karbohidrat, dam konsumsi protein. Selain itu mari perbanyak makan sayur, buah dan cairan untuk menjaga saluran cerna tetap sehat. Tidak lupa kita harus rajin menyikat dan membersihkan sela-sela gigi dengan pembersih gigi.

Berikut ini tiga referensi makanan sahur dan berbuka puasa untuk mencegah bau mulut:

1. Yoghurt

yogurth plain, yogurth tanpa rasa
Yogurth Plain (iron mumkarla)

Ada sebuah penelitian baru-baru ini menemukan, makan yoghurt setiap hari dapat kurangi tingkat penyebab bau mulut. Itu  karena yoghurt dapat menyingkirkan bakteri pada diri kita. Plak pada mulut serta penyakit gusi juga bisa berkurang. Sebaiknya, pastikan bah kita konsumsi yoghurt yang tidak memiliki rasa dan tanpa gula (plain yoghurt).

2. Apel, Wortel & Seledri

top magz
Jus Apel, Wortel, dan Seledri

 

Anda bisa menggabungkan sayuran dan buah Apel, Wortel , dan Seledri  menjadi jus. Ketiga jenis sayur dan buah ini ampuh melawan bau mulut. Hal ini karena pada dasarnya semua jenis buah serta sayuran kaya akan serat yang dapat memerangi aroma mulut yang tidak sedap.

Seorang ahli gizi Cynthia Sass mengatakan bahwa, plak terus berkembang di dalam mulut yang menimbulkan aroma tidak sedap. Makanya ia manyarankan untuk makan maknan yang meningkatkan produksi air liur untuk menjaga mulut selalu lembab dan membersihkan area mulut.

Cynthia juga mengingatkan agar tidak lupa untuk membersihkan gigi setelah makan ayam dan sereal. Makanan tersebut biasanya akan terselip di gigi dan sekitar mulut.

3. Makanan yang Kaya Vitamin C

cegah bau mulut, cegah bau busuk, jeruk garut
Jeruk Garut Kaya Vitamin C (selat sunda)

Maknan kaya vitamin C diantaranya Jeruk, melon dan stroberi . Vitamin C dapat membantu agar bakteri tidak hinggap di mulut. Vitamin ini juga bagus untuk dikonsumsi agar terhindar dari penyakit gusi yang juga menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Sebaiknya konsumsi vitamin C dari makanan langsung bukan dari suplemen.
Itulah Bunda beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur untuk mencegah bau mulut selama puasa Ramadan. Semoga mulut kita tetap selalu segar puasa lancar, buka puasa bersama dengan teman, kerabat , sahabat dan keluarga tetap maksimal. []

 

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline