Dampak Orang Tua Pilih Kasih Terhadap Anak

0

, Dampak Orang Tua Pilih Kasih Terhadap Anak

Anda mungkin merasa sudah merasa menjadi orang tua yang menyamakan sikap terhadap anak-anak. Namun jangan heran, jika ada salah satu atau dua, anak-anak Anda yang merasa Anda pilih kasih. Mungkin ada baiknya introspeksi dahulu terhadap hal ini, bisa jadi tanpa kita sadari kita sudah bertindak pilih kasih terhadap anak.

Ada beberapa hal yang berdampak pada anak ketika kita bertindak pilih kasih.

1. Merasa rendah dan hina. Ketika anak menyaksikan ketidakadilan sikap dan perilaku kedua orang tuanya maka ia merasa ada kekurangan pada dirinya. Sehingga ia berpikir bahwa kekurangan itulah yang menjadikan kedua orang tuanya tidak memperhatikannya. Perasaan ini begitu berpengaruh dalam dirinya sehingga ia menjadi anak yang tidak ceria, depresi dan tidak memiliki semangat, pengecut dan tidak bertanggung jawab sementara seluruh eksisitensi dan kepribadian manusia tergantung pada semangat dan pandangan serta aktivitasnya yang membangun. Jika seseorang sudah tidak memiliki semangat lagi dan pandangannya negatif terhadap kehidupan maka kepribadiannya akan goyah.

2. Muncul penyakit hasut. Anak yang tidak mendapatkan perhatian dan kasih sayang maka ia akan hasut kepada saudaranya yang mendapatkan perhatian lebih dari kedua orang tuanya. Dan kemungkinan terjadi efek lain yang lebih buruk yang akan mengancam keduanya.

3. Munculnya permusuhan. Anak yang tidak mendapatkan perhatian dan kasih sayang kedua orang tuanya ia akan memusuhi mereka yang pada akhirnya ia tidak akan percaya kepada kedua orang tuanya bahkan akan menentang mereka.

4. Pendidikan yang buruk dan teladan negatif. Semua pekerjaan dan perilaku kedua orang tua dalam lingkungan keluarga akan ditiru oleh anak-anak. Kedua orang tua merupakan teladan bagi anak-anaknya. Jika perilaku orang tua tidak pantas, ini adalah satu pemberian contoh dan teladan negatif terhadap anak-anak. Contoh dan teladan negatif ini pada masa yang akan datang akan dipraktekkan oleh anak-anak terhadap orang lain.

Imam Baqir as bersabda: “Demi Allah kadang aku memperlakukan baik sebagian anakku dan memangkunya dan menyayanginya serta banyak berterima kasih kepadanya sementara yang demikian ini sebenarnya adalah hak anak yang lainnya akan tetapi yang demikian ini aku lakukan karena untuk menjaga anak yang memiliki hak dari ancamannya dan ancaman yang lainnya supaya mereka tidak melakukan sesuatu terhadap anak yang berhak untuk disayangi sebagaimana perlakuan yang dilakukan oleh saudara-saudara Nabi Yusuf as terhadapnya. [perrani]

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline