Dewi Artemis ke Rumah Anda Lewat Kue Ultah (1)

, Dewi Artemis ke Rumah Anda Lewat Kue Ultah (1)Perayaan ulang tahun biasanya kurang lengkap jika tanpa kue dan lilin. Apalagi untuk merayakan ulang tahun yang ke-17, yang katanya lagi manis-manisnya untuk dirayakan. Tidak merayakan ulang tahun rasanya seperti orang kuno, benarkah?

Segala hal yang ada di muka bumi ini pasti memiliki cerita masa lalu, begitu juga dengan kue ulang tahun. Penasaran? Mari kita simak sejarahnya.

Jika kita tengok ke masa lalu, kue ulang tahun sangat berbeda dengan kue yang ada di jaman sekarang. Kata ‘Kue’ telah ada sejak awal abad ke-13, berasal dari kata Norse Lama ‘Kaka’.

Dalam tradisi Barat, Kue Ulang Tahun merupakan kue atau makanan penutup yang disajikan kepada seseorang pada hari ulang tahunnya.

Kue ulang tahun biasanya dihiasi dengan nama seseorang dan ucapan selamat. Jumlah lilin di atas kue harus sama dengan jumlah tahun yang dihabiskan seseorang untuk hidup. Ada juga tradisi untuk menempatkan satu lilin besar untuk membawa keberuntungan. Kue ulang tahun umumnya bertekstur kenyal dan rasanya cokelat.

Dahulu, pada jaman Yunani Kuno kue ulang tahun biasanya berbentuk bulan atau bulat dan kasar serta tak berasa seperti roti. Biasanya kue ini dibawa ke kuil Artemis-Dewi Bulan.

Namun beberapa ahli juga menyebutkan bahwa tradisi kue ulang tahun dimulai di Jerman pada Abad Pertengahan. Adonan roti manis berbentuk bayi Yesus di kain lampin dan digunakan untuk memperingati hari ulang tahunnya.

Setelah itu, kue tersebut biasa digunakan untuk perayaan ulang tahun anak muda atau biasa disebut Kinderfest. Ada lagi kue panggang berlapis yang biasa disebut Geburtstagorten, kue jenis ini lebih manis dan lembut berbeda dengan kue yang pertama kali dibuat.

Pada jaman dulu, kue ulang tahun kebanyakan bentuknya bulat. Para ahli mengaitkan hal ini dengan keyakinan agama Yunani, bulat disini seperti bulan yang dikaitkan dengan Dewi Bulan – Artemis. Lilin yang ditempatkan di atasnya membuat kue bersinar seperti bulan.

BERSAMBUNG

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.