DI Balik 24 Wajah Billy

0

ADA BEGITU banyak hal terjadi dengan keluarga Amerika. Adam Lanza misalnya yang membunuh 20 orang anak SD di Sandy Hook. Jauh sebelum Lanza, ada juga kasus Billy Milligan yang mempunyai 24 kepribadian dalam satu tubuh.

Kasus William Stanley (Billy) Milligan dari Ohio, Amerika Serikat, pada penghujung tahun 1970-an ini menambah deret panjang fenomena sosial tersebut, di mana kasus Billy, orang dengan kepribadian majemuk ini (untuk menghindari stigmatisasi kata ‘penderita’), merupakan satu dari sekian banyak eksperimen alamiah yang akan menjelaskan jauh lebih banyak hal kepada kita, tentang kita sendiri

Billy Milligan, lebih tepatnya tubuh manusia hidup yang bisa bernafas dan suka merokok, yang oleh ibunya diberikan nama Billy Milligan, pernah melakukan beberapa tindak kriminal. Yang paling menghebohkan adalah kejadian di OSU (Ohio State University) pada awal 1980-an. Peristiwa ini diberitakan secara besar-besaran di koran-koran lokal dan menempati headline selama berminggu-minggu. Billy dituduh melakukan tindakan kejahatan berupa penculikan, perampokan, dan perkosaan terhadap tiga orang wanita. Perbuatan yang selalu ia sangkal pernah ia lakukan.

Kasus ini akhirnya berakhir dengan pembebasan Billy karena majelis hakim saat itu menganggapnya tidak waras dan tidak bisa bekerjasama bahkan untuk pembelaan dirinya sendiri. Ini atas rekomendasi hasil penelitian selama lebih dari tujuh bulan oleh psikiater ternama, Dr. George Harding dari Harding Hospital.

Billy tidak pernah tahu kapan awalnya pribadi-pribadi itu muncul dalam dirinya dan menguasai alam sadarnya untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu. Sewaktu kanak-kanak dia mengalami perlakuan yang amat kasar dari ayah tirinya.

Dia sering dibentak-bentak, dipukuli, bahkan dianiaya secara seksual dan kemudian diancam akan dikubur dalam sebuah lumbung di pertanian milik sang ayah tersebut bila dia coba-coba mengadu pada ibunya. Kekerasan itu juga sering ia lihat dengan mata kepalanya sendiri terjadi pada ibunya. Pernah suatu ketika ia lihat muka ibunya lebam kebiru-biruan dan dari kepalanya mengalir darah segar. Rambut sang ibu dicerabut dengan paksa hingga lepas dari kulitnya. Penyiksaan itu ia alami antara umur 8 atau 9 tahunan.

Pengalaman traumatis seperti inilah yang kemudian disimpulkan menyebabkan Billy, si pribadi inti, menarik diri dari dunia nyata karena tidak sanggup melihat lagi, menyaksikan peristiwa serupa terus berulang dalam hidupnya. Billy depresi, frustasi, bahkan kemudian sering mencoba berbagai macam cara untuk mengakhiri hidupnya. Hidup yang terlalu mengerikan baginya.

Pada saat-saat seperti itu secara bergantian tokoh-tokoh, pribadi-pribadi itu muncul di dunia nyata. Menggantikan posisinya di alam sadar dan mencuri waktu mengambil alih “tempat utama” (istilah yang disepakati oleh semua tokoh dalam pribadi Billy untuk menggambarkan sebuah panggung yang besar dengan sorot-sorot lampu terang. Siapapun yang masuk kesana, berarti sedang mewakili atau menjalankan peran utama berhadapan dengan dunia nyata).

Ada satu contoh (satu korban dari tindakan kriminal yang terjadi di OSU) mengapa kemudian Billy dinyatakan bebas karena dianggap tidak waras. Kejadian yang dituduhkan adalah Billy pada suatu pagi menculik Carrie Dryer, mahasiswi OSU yang sedang memarkir mobilnya. Merampok dan memerkosanya di lokasi yang jauh dari area kampus. Carrie berkali-kali melihat hal-hal aneh pada kelakuan pria yang menculiknya. Berkali-berkali pria itu menunjukkan perubahan serta raut muka serta cara bicara yang berbeda-beda. Kadang beraksen Slavia dan di waktu lain ia pakai aksen Brooklyn. Di satu waktu ia lembut dan sopan tapi tiba-tiba saja bisa berubah menjadi sangat pemarah dan kasar.

Di tempat tinggalnya, polisi dengan sangat mudah menangkap Billy tanpa sedikit pun perlawanan. Saat ditangkap, Billy berkali-kali protes, apa yang sudah ia lakukan hingga dirinya ditangkap. Polisi juga menemukan bukti-bukti berupa pistol, cek bertuliskan sejumlah uang dengan rekening atas nama Carrie Dryer, serta beberapa bukti lain.

Jelas saja Billy tidak melakukan perbuatan itu karena memang dia tidak pernah melakukannya. Pelakunya adalah pribadi-pribadinya yang lain yang mengambil alih kesadarannya pada saat peristiwa itu terjadi.

Persisnya seperti ini. Saat itu Jumat jam 7.30 pagi Ragen (pribadi dalam tubuh Billy yang sangat kuat, jago berkelahi, cakap memainkan senjata, dan berlogat Slavia) sedang joging di area OSU. Niatnya pagi itu dia hendak merampok seseorang untuk mendapatkan sejumlah uang untuk membayar beberapa tagihan yang sudah jatuh tempo. Saat melihat Carrie Dryer, ia berpikir akan mencari mangsa lain saja karena pantang baginya merampok seorang wanita. Itu prinsip yang dia pegang.

Tetapi Adalana tidak setuju. Adalana adalah sosok lain dalam diri Billy. Seorang wanita lesbian yang kesepian dan sedang membutuhkan pelukan dan perhatian. Dengan caranya sendiri ia kemudian berhasil masuk ke tempat utama menggantikan Ragen. Dia ambil pistol Ragen dari sarungnya dan ditekankan pistol itu ke lengan si wanita.

Sebelum akhirnya merampok dan memerkosanya (bila ada istilah lain untuk perbuatan seorang lesbian, rasanya istilah ini tidak cocok untuk digunakan tbimauritius), Adalana lebih dahulu mengajaknya jalan-jalan. Nah, saat jalan inilah secara bergantian Adalana sering berebut tempat utama dengan Kevin dan Philip. Kevin adalah penjahat kelas teri, berambut coklat dan bermata hijau, sedangkan Philip adalah penjahat brutal. Dia warga New York, dengan logat Brooklyn yang kental. Dia sering berbicara kotor dan kasar. Keduanya adalah pribadi-pribadi yang ada dalam diri Billy.

Yang lucu, adalah pada saat sadar waktunya telah dicuri, pribadi-pribadi ini jadi bingung setengah mati dengan apa yang ia lihat. Mengapa tiba-tiba dia sedang bermobil dengan seorang wanita yang tidak dikenal. Ragen yang tidak tahu-menahu tentang uang yang tiba-tiba saja ia temukan di atas meja sementara ia tidak ingat pernah merampok siapa pun. Allen juga nurut saja saat polisi menggerebek rumahnya dan menemukan banyak barang bukti. Allen ini pribadi yang muncul saat polisi menangkap Billy. []

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.