Dicela Ketika Berpuasa? Ini Dia yang Harus Dilakukan

0

, Dicela Ketika Berpuasa? Ini Dia yang Harus DilakukanKetika berpuasa di bulan Ramadhan kita bukan hanya menahan dari makan dan minum saja, namun juga kesabaran ketika terhadap berbagai hal yang menguji kesabaran kita.

Jika ada seseorang yang mencela kita ketika sedang berpuasa maka kita harus sabar dalam menghadapinya, selain itu kita juga harus menasehatinya agar orang tersebut sadar dan menghargai kita yang sedang melakukan ibadah puasa. Seperti dalam hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini:

“Apabila ada orang yang mengajaknya berkelahi atau menghinanya maka katakanlah “aku sedang shaum” (ia mengulang ucapannya dua kali).”

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, termasuk yang dianjurkan adalah jika seseorang dicela oleh orang lain atau diajak berkelahi ketika dia sedang berpuasa, maka katakanlah “Inni shoo-imun, inni shoo-imun [artinya: Aku sedang puasa, aku sedang puasa]”, sebanyak dua kali atau lebih.”

Semoga ibadah puasa kita diterima dan di ridhoi Allah Swt Agar puasa kita bukan hanya menahan rasa lapar dan haus saja. Aamiin.. []

Sumber : E-Book Panduan Ramadhan Bekal Meraih Ramadhan Penuh Berkah, Penulis Muhammad Abduh Tuasikal, ST, MSc

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.