Dongeng Sebelum Tidur, Ternyata Sangat Penting untuk Anak

0

ibu anak baca quran

Anak Anda suka minta didongengkan sebelum tidur? Bagi Anda yang jarang melakukan rutinitas mendongeng sebelum tidur pada anak, ada baiknya Anda mulai melakukannya mengingat manfaat yang ditimbulkan oleh aktivitas tersebut sangat membantu perkembangan kecerdasan anak. Berikut manfaat bagi anak jika ia mendengarkan cerita atau dongeng.

1. Melatih Perekaman
Mendengar cerita membuat anak belajar memahami melalui pendengaran. Anak akan segera mencoba menghubungkan pemahaman tiap kalimat dan untuk itu diperlukan perekaman yang baik. Secara alamiah anak akan belajar mengingat sekalipun tanpa diajari. Mendengarkan cerita adalah cara sederhana dan menyenangkan untuk melatih sistem perekaman otak.

2. Mengembangkan Imajinasi
Berimajinasi adalah salah satu proses normal perkembangan otak anak. Anak senang dan mudah berimajinasi. Berimajinasi membutuhkan kemampuan berfikir dan menghubungkan imajinasi dengan fakta yang diketahui. Seorang anak yang belum pernah melihat gambar naga yang bisa terbang akan membayangkan bagaimana bentuk sayapnya, apakah seperti sayap capung, sayap burung, sayap kelelawar, dsb.

3. Mengasah Kecerdasan Bahasa
Untuk dapat memahami setiap kalimat yang diceritakan, diperlukan pemahaman arti setiap kata. Anak akan segera bertanya mengenai arti kata-kata yang baru ia dengar. Anak-anak juga segera belajar menggunakan bahasa baku yang mungkin jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Hal ini sangat berguna untuk mengasah kecerdasan berbahasa (linguistic intelligence) si anak. [fha/islampos/vb]

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline