Efek yang Muncul Saat Luka dan Bagaimana Menyembuhkannya

0

Anda pasti pernah terluka. Bisa saja ketika melakukan aktivitas di dapur, mengiris bawang dan tanpa sengaja terkena irisan pisau.

Luka adalah rusaknya kesatuan/komponen jaringan, di mana secara spesifik terdapat substansi jaringan yang rusak atau hilang.

Luka dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, misalnya luka lecet yaitu luka karena terkelupasnya kulit yang tidak dalam, dapat disebabkan bergesekan dengan benda tajam maupun tumpul. Luka ini juga dapat disebabkan karena kecelakaan lalu lintas.

Ketika luka timbul beberapa efek yang akan muncul yaitu:

1. Hilangnya seluruh atau sebagian fungsi organ;
2. Respon stres simpatis;
3. Perdarahan dan pembekuan darah;
4. Kontaminasi bakteri;
5. Kematian sel.

Jika bagian tubuh kita terluka, jangan panik tetap tenang dan lakukan 5 Langkah Agar Luka Cepat Sembuh/Kering sebagai berikut :
1. Kurangi Kotoran Luka Dengan Mencuci Di Air. 
Untuk langkah pertama ini akan sedikit pedih untuk luka, langkah ini dilakukan untuk membersihkan atau mengurangi kotoran yang ada pada luka, misalnya tanah, debu, ataupun yang lainnya.
Kalau dirasa sudah cukup, mari kita lanjutkan ke langkah kedua.
2. Pemakaian Rivanol. 
Rivanol adalah obat yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan kuman pada luka dan untuk membersihkan kotoran luka. Peran Rivanol dalam luka disini dapat dikatakan sebagai peran yang sangat penting karena agar luka tidak semakin parah kedepannya.
3. Pemakaian Obat Penyembuh Luka. 
Bermacam macam jenis obat dapat dipakai untuk menyembuhkan suatu luka, salah satunya Betadine, dan Minyak Tawon. Saya disini menyarankan anda untuk memakai Minyak Tawon, selain untuk mempercepat pengeringan luka, minyak tawon tidak membuat kita kaku dan tidak terlalu pedih dalam pemakaiannya.
4. Hindari Luka Terkena Air. 
Musuh dari luka adalah Air, air mengandung suatu zat yang membuat proses penyembuhan luka tidak efisien atau menghambat proses pengeringa pada luka. Jadi sebisa mungkin hindari luka terkena air. Air juga dapat menyebabkan luka semakin parah untuk kedepannya.
5. Mengkonsumsi Makanan Yang Tepat. 
Mengkonsumsi makanan sangat penting sekali disini, jika salah makan bisa saja mempengaruhi luka yang diderita. Dari itu jagalah makanan anda agar selalu berada pada makanan yang tepat.  []
Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.