Efektif Yuk Atur Waktu

0

Tiba-tiba saja kita merasa sudah maghrib lagi. Tiba-tiba saja sudah siang. Dan begitu seterusnya. Waktu berjalan cepat, sementara ada beberapa agenda yang ternyata terlewat. Untuk itu penting kiranya sebuah jadwal untuk kegiatan kita. Apa saja yang perlu kita persiapkan ketika mengatur jadwal?

Jujur. 

Mulailah dengan mengatakan kebenaran. Jika Anda merasa belum tepat waktu, tampaknya Anda belum bisa jujur pada orang lain dan diri Anda sendiri tentang berapa waktu yang Anda butuhkan dan berapa waktu sebenarnya yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas.

Beri Waktu Tambahan
. Berikan waktu lebih banyak daripada yang Anda perkirakan sebelumnya untuk menyelesaikan sebuah rencana. Contohnya, jika Anda pikir Anda butuh waktu satu jam untuk pulang ke rumah, maka beri diri Anda waktu satu jam dua puluh menit. Memberi Anda sebuah “tambahan waktu” dapat membantu melatih kembali otak Anda sehingga memperkirakan waktu akan menjadi suatu hal yang alamiah. Hal itu juga sebagai antisipasi apabila terjebak macet.

Taati Jadwal. Hal ini tampaknya terdengar sederhana, namun secara harfiah merencanakan waktu secara tepat dapat membuat Anda bisa mengendalikan waktu. Tidak masalah jika Anda membuat kalender online atau menggunakan jadwal harian kuno, tapi berlatihlah sesuai batasannya.

Beri Konsekuensi. Perkenalkan konsekuensi. Anda terus-menerus lupa untuk menjemput anak dari tempat penitipan, namun entah bagaimana Anda mampu tiba ke bandara satu jam lebih awal untuk mengejar pesawat. Kenapa? Karena ada konsekuensi tegas jika terlambat: Anda akan ketinggalan pesawat.

 Pada situasi di mana hukuman keras untuk keterlambatan tidak ada, beri diri Anda ganjaran untuk menjadi tepat waktu, seperti membayar sejumlah denda setiap menit keterlambatan Anda, dan mendonasikan dana tersebut untuk sedekah setiap akhir bulan.

Kerjakan yang Tertunda
. Luangkan waktu untuk selesaikan yang tertunda. [yahoo]

Artikel Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.