Empat Jenis Makanan Ini Sebaiknya Dihindari di Waktu Sahur

0

 

, Empat Jenis Makanan Ini Sebaiknya Dihindari di Waktu SahurWaktu dini hari memang tidak memberikan banyak pilihan untuk makanan. Namun sahur tetap sahur yang mempunyai banyak keberkahan dan keutamaan. Agar keutamaan dan keberkahan selaras dengan kesehatan, maka perlu kiranya kita memperhatikan makanan di waktu sahur.

Gorengan

Gorengan adalah salah satu makanan favorit sebagian masyarakat Indonesia. Apalagi makanan yang murah meriah ini sangat mudah dijumpai disetiap sudut jalan, sehingga kita tak perlu susah payah untuk membuatnya.

Apalagi ketika saat makan sahur, Kadang membeli gorengan adalah pilihan yang praktis. Namun gorengan sangat tidak dianjurkan untuk disantap sahur karena mengandung lemak yang sangat banyak.

Pada dasarnya, minyak sayur adalah minyak tidak jenuh, tetapi proses pemanasan minyak dalam suhu tinggi dapat menyebabkan lemak menjadi jenuh, sehingga berpotensi meningkatkan kadar kolesterol yang jahat dalam tubuh. Apalagi jika minyak goreng digunakan berulang-ulang.

Makanan Bersantan

Makanan bersantan yang berlebihan dapat memicu penyakit pembuluh darah seperti strok, jantung, kenaikan kadar asam urat, Kejang-kejang, muntaber, mata membesar, kepala mengkerut,. Apalagi saat sahur, banyak ibu-ibu yang menghangatkan kembali makanan sisa semalam, agar lebih praktis. Seperti halnya gorengan, makanan bersantan perlu untuk tidak disantap saat sahur, karena mengandung lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Makanan Pedas

Makanan yang pedas dapat merangsang pengeluaran asam lambung yang berlebihan. makanan pedas dapat membuat permukaan lambung lebih rapuh dan mengalami luka. Itulah yang disebut maag. sebaiknya Hindari makanan pedas, terutama saat sahur agar tidak mendatangkan masalah bagi kesehatan

Makanan Asam

Seperti halnya makanan pedas, makanan asam juga menjadi pemicu keluarnya asam lambung tinggi dan sulit dicerna. Sehingga tidak baik dimakan terlalu banyak, apalagi ketika saat agan sahur.

Makanan asam juga dapat menyebabkan maag, sehingga bisa mengganggu aktivitas. Dan akan memungkin kan juga bisa membuat puasa agan batal. Hindari makanan dengan tomat dan jeruk, karena mengandung asam.

Makanan dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lada merah atau hitam dan bubuk cabai dapat menyebabkan kondisi menjadi lebih parah. Hindari makanan-makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut saat agan sahur jika agan tidak mau perut tersiksa selama menjalankan ibadah puasa. [bgetsuka]

 

 

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.