Gejala Susah Tidur atau Insomnia (1)

0

Sulit untuk tidur pasti pernah dialami oleh sebagian orang. Baik karena stres, rutinitas yang padat atau bahkan karena keseringan tidur. Ya, setiap orang pasti memiliki alas an tersendiri kenapa mereka sulit untuk tidur. Namun umumnya seseorang yang sulit tidur itu disebabkan karena:

1. Berolahraga sebelum tidur

Mungkin Anda memilih untuk berolahraga di malam hari karena tidak memiliki waktu di pagi harinya. Atau bisa juga karena merasa olahraga di malam hari akan membuat tubuh merasa lelah dan mempermudah tidur Anda.

Namun ternyata, yang terjadi adalah sebaliknya. Setelah berolahraga denyut jantung dan metabolisme akan meningkat sehingga mempersulit Anda untuk tidur. Hindari berolahrga tepat sebelum tidur. Beri jeda minimal tiga jam sebelum waktu tidur, atau kalau bisa lebih baik lakukan di pagi hari.

2. Tidur siang

Karena merasa kurang tidur di malam hari, Anda perlu mengganti waktu istirahat tersebut di siang hari. Namun istirahat di siang hari malah membuat Anda kesulitan untuk tidur di malam hari. Menurut Lawrence Epstein, Sleep Health Center di MA, tidur siang akan mengacaukan jam tubuh kita dan membuat otak terus siaga saat malam hari. Bila Anda benar-benar merasa butuh tidur siang, sebaiknya lakukan tidak lebih dari satu jam.

3. Khawatir akan kualitas tidur

Alasan ini mungkin akan terdengar aneh. Namun bagi sebagian orang, alasan ini benar-benar dirasakan. Bila sebelum tidur Anda memikirkan hal-hal apa saja yang harus dilakukan besok pagi dan merasa harus cepat tidur malah akan membuat Anda susah terlelap. Bila hal ini terjadi, matikan lampu kamar, bangun, dan pindah sementara ke kamar lain. Atau hapuskan kekhawatiran Anda dengan tidak terus menerus memikirkan bahwa Anda harus bangun pagi esok hari. BERSAMBUNG

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline