Gejala Susah Tidur atau Insomnia (2-Habis)

0

4. Minum minuman beralkohol

Beberapa orang menganggap bahwa dengan minum minuman beralkohol akan membuat tidur semakin nyenyak. Minum sebelum tidur mungkin saja dapat membuat Anda merasa ngantuk, namun tidak membuat tidur Anda berkualitas. Lebih baik ganti minuman beralkohol dengan teh herbal agar tubuh menjadi lebih rileks sebelum tidur.

5. Pencahayaan kamar kurang gelap

Semakin banyak gadget yang ada di dalam kamar, maka akan semakin sulit Anda terlelap. Pencahayaan dari layar gadget, ataupun TV akan membuat kamar tidak sepenuhnya gelap. Lebih baik matikan lampu kamar dan jauhkan semua gadget dari pandangan.

6. Tubuh masih mengandung kafein

Banyak orang yang tidak bisa mengawali harinya tanpa minum kopi. Kandungan kafein dalam kopi dikenal dapat membantu Anda terjaga di pagi hari. Namun bila dikonsumsi lebih dari satu kali dan dekat dengan waktu tidur, akan membuat Anda sulit terlelap karena masih terdapat kandungan kafein dalam tubuh. Sebaiknya minum kopi satu kali sehari dan hanya di pagi hari.

7. Konsumsi protein sebelum tidur

Mengonsumsi makan malam dan kudapan yang memiliki kandungan protein yang tinggi dapat membuat Anda sulit tidur di malam hari. Karena tubuh mengeluarkan lebih banyak energi untuk mencerna protein dan itu berarti pencernaan Anda masih harus terus bekerja menjelang jam tidur. Bila Anda merasa lapar sebelum tidur, sebaiknya makan sedikit karbohidrat karena lebih mudah dicerna.

8. Kamar berantakan

Bagi Anda yang memiliki kamar berantakan, sebaiknya cepat rapikan kamar Anda. Kamar yang berantakan dapat membuat Anda susah tidur karena dapat mempengaruhi pikiran. Kertas, buku, dan baju yang berserakan dapat membuat kita terus terbangun karena merasa stres. [bw]

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline