in

Hati-hati Terkena Angin Duduk!

Foto: Hanya ilustrasi
Foto: Hanya ilustrasi
Foto: Hanya ilustrasi

Anda  pernah merasakan rasa tidak nyaman pada bagian dada sebelah kiri? Rasa sakit ini bisa berupa rasa tertekan, nyeri, sesak napas dan terkadang disertai kembung di perut? Nah, kalau begitu, Anda terkena angin duduk. Apa itu angin duduk?

Dalam dunia medis angin duduk disebut Angina Pektoris, disebabkan karena suplai oksigen berkurang ke otot-otot jantung karena penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah jantung.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang beresiko terkena angin duduk, yaitu : darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, kegemukan dan perokok.

Masyarakat kita masih banyak yang menganggap angin duduk ini seperti masuk angin biasa, sehingga pertama kali yang dilakukan membaluri balsem atau dikerok. Tentu saja ini keliru, karena kalau telat penanganannya, angin duduk bisa merenggut nyawa.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika terkena angin duduk?

Pertama, jangan panik. Kepanikan akan membuat keluhan bertambah. Kedua, hentikan aktivitas. Jika kita sedang aktivitas harus berhenti dulu, jangan diteruskan. Ketiga, atur napas dengan cara menarik napas lewat hidung pelan-pelan, lalu keluarkan lewat mulut pelan-pelan. Ini dilakukan berulang. Keempat, segera dibawa ke IGD RS atau klinik atau dokter terdekat.

What do you think?

Written by

Writer di Rumah Keluarga Indonesia

1 Sampah Bungkus Permen Jadi 1000 Sampah Bungkus Permen

Generasi Muda Islam Dihancurkan Media