Hemat Uang Belanja? Ini Caranya? (1)

 

, Hemat Uang Belanja? Ini Caranya? (1)
Foto: dwiastuti088

Ibu rumah tangga adalah seorang manajer di rumahnya. Seorang manager rumah tangga tidak luput dari tugas satu ini, belanja.

Di zaman seperti sekarang ini yang serba mahal, maka mau tidak mau kita harus hemat dalam menggunakan uang. Ada tipsnya lho. Apa saja?

Pertama, bagi daftar belanja. Ada tiga klasifikasi besar daftar belanja. Belanja bulanan, belanja harian dan belanja tambahan. Belanja bulanan menyangkut barang-barang yang tidak akan rusak jika dibeli dalam jumlah banyak untuk kurun waktu sebulan. Misalnya: beras, gula, kopi, teh, tepung terigu, minyak goreng, bawang merah, bawang putih untuk keperluan dapur. Detergen, sabun cream, sabun mandi, pasta gigi, shampo, pewangi, pelembut pakaian, untuk kebutuhan sumur. Propolis dan madu untuk kebutuhan suplemen kesehatan.

Sementara belanja harian menyangkut kebutuhan yang dibutuhkan setiap hari. Sifat barangnya bisa rusak jika disimpan lama. Seperti sayuran, buah-buahan dan lauk pauk atau camilan. Untuk kebutuhan ini, saya cukupkan untuk membeli sesuai kebutuhan harian.

Belanja tambahan. Misalnya, buku, mainan anak-anak, pakaian, sepatu, sandal dll. Jika dua daftar belanja diatas berstatus wajib, maka belanja kali ini berstatus mubah. Tentu saja tidak setiap bulan diadakan anggaran. Bisa dua bulan sekali atau tiga bulan sekali.

Kedua, buatlah catatan belanja (database kebutuhan). ini penting supaya kita benar-benar hanya membeli apa yang kita butuhkan saja. Dan agar kita tidak melupakan apa yang kita butuhkan karena kehabisan uang. Terbuai dengan apa yang kita inginkan. Database ini akan menjadikan kita fokus pada barang yang kita cari saja.

Untuk kebutuhan harian, databasenya terkait erat dengan menu masakan yang telah direncanakan. Misalnya, hari ini Anda akan masak gulai ikan patin, sambal kerinci dan rebusan daun pepaya, untuk camilan Anda akan membuat bubur ketan hitam, buah pepaya dan tentu saja jus wortel sebelum makan. [Sumber: Catatan Bunda Naufa]

BERSAMBUNG

 

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.