Hemat Uang Belanja? Ini Caranya? (2-Habis)

0

 

Foto: dwiastuti088
Foto: dwiastuti088

Jadi daftar belanja Anda hari ini adalah sebagai berikut: ikan patin 1kg, daun pepaya 2ikat, tomat 1/4kg, cabe 1ons, kunyit, jahe, serai, daun salam, daun jeruk, laos (kalau di Surabaya terhimpun dalam ’empon-empon’), kemangi, kemiri, cabe merah keriting, cabe rawit, jeruk sambal, pepaya 1kg, ketan hitam 1/4kg, kelapa yang belum diparut 1/4biji, gula merah 1/4kg.

Jadi, sebelum berbelanja, inspeksilah dapur dan kamar mandi Anda, apa yang Anda butuhkan, lalu  tuliskanlah. Jangan enggan menulis, karena ingatan manusia terbatas.

Tulislah mulai dari yang remeh temeh seperti garam, trasi, jeruk sambal, daun salam dll. meski remeh, jika terlupakan akan menimbulkan masalah.

Ketiga, tetapkan tempat belanja. Belanja bulanan, biasanya dilakukan akhir bulan. Untuk belanja ini pusat grosir bisa menjadi tujuan Anda. Sebab, dengan kuantitas yang cukup banyak belanja di pusat grosir akan jauh lebih murah. Jadi seperti para pedagang yang kulakan barang dagangan.

Untuk belanja harian, pasar tradisional adalah tujuan selanjutnya. Selain harganya lebih murah jika dibanding belanja di supermarket, hal ini juga akan membantu para pedagang kecil.

Lebih dari itu, sayuran, buah-buahan dan lauk pauk yang dibeli di pasar tradisional juga lebih fresh (jika kita pandai memilihnya) karna pedagang kecil tidak pakai lemari pendingin sebagaimana yang dilakukan supermarket dan semisalnya.

Untuk belanja tambahan, tetapkan barang tertentu yang ingin kita beli pada bulan tertentu. Misal bulan September ini kita merencanakan membeli bukun pada pekan ke 2 di toko buku D. Bulan Oktober saatnya beli jilbab dan kerudung, dan seterusnya. [Sumber: Catatan Bunda Naufa]

HABIS

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline