HP untuk Anak SD, Perlukah?

0

, HP untuk Anak SD, Perlukah?Oleh: Haura Nurbani Saefullah, 10 tahun

Sekarang ini tampaknya telepon genggam sudah menjadi sesuatu yang sangat akrab di sekeliling kita. Telepon genggam, atau HP, tidak hanya bagi mereka yang sudah dewasa dan bekerja, tapi juga untuk anak-anak SD usia kita. Mungkin bisa kita lihat di sekeliling kita, anak-anak SD atau bisa jadi mungkin diri kita sendiri, sudah mempunyai HP.

Apakah hal itu salah? Mari kita lihat.

Mau tidak mau, sekarang ini HP membuat hampir semua orang asyik dengan dirinya sendiri. Bahkan hanya dengan sekadar mengutak-atiknya saja. Ada yang terus-menerus mendengarkan musik dari HP-nya, ketika berangkat sekolah, di sekolah dengan diam-diam karena khawatir diketahui oleh guru, di rumah, dan ketika bermain dengan teman-teman.

Sepertinya HP membuat anak-anak SD seperti kita tidak lagi tertarik dengan teman-teman lain, membuat kita tidak lagi ingin bermain permainan bebentengan, petak umpet, sondlah, atau yang lainnya.

Padahal, tampak jelas bahwa anak-anak SD belumlah memerlukan HP. Kita belum bekerja dan belum bisa menghasilkan uang sendiri. Jangan-jangan HP selama ini malah lebih sering membuat kita lupa belajar, enggan mengaji, berkumpul dengan keluarga, atau lupa bermain dengan teman-teman, atau membaca buku.

HP hanya membuat anak-anak usia SD seperti kita tidak berhubungan dengan lingkungan sekitar. Bagi kita yang mempunyai HP, ada baiknya kita ajukan pertanyaan pada diri kita sendiri:  Sudah perlukah kita untuk mempunyai HP? Kalau iya, untuk apa?

Ini tidak berarti kita tidak diperbolehkan menggunakan HP. Untuk mengenal teknologi dan perkembangan, kita juga harus tahu. Namun mungkin kita harus membatasi diri dan mengetahui kapan saja kita boleh membuka dan menggunakan HP, dan menggunakannya untuk menambah wawasan dan memudahkan komunikasi dengan yang lain, tapi tidak untuk kita terus asyik dengan diri kita sendiri, dan melupakan lingkungan sekitar. Jadi teman-teman, ayo bermain, ayo belajar! []

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline