Hukum Mengucapkan Salam Kepada Orang Kafir

0

Mengucapkan salam bagi kaum muslim menjadi sebuah kewajiban, karena salam mengandung arti keselamatan. Jadi, kepada sesama muslim kita harus mengucapkan salam. Lalu bagaimana jika mengucapkan salam kepada non muslim?

Hukum mengucapkan salam kepada orang kafir adalah haram, karena hukum mengucapkan salam kepada orang kafir sudah jelas disebutkan dalam hadits nabi.
Keharaman mengucapkan salam kepada orang kafir bukan fiqh lagi,hal itu bisa dikatakan qad’iyah.

Baca Juga

Fiqih Ramadhan Lengkap

Sabda Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa alihi sallam:

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id; Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul’Aziz yaitu Ad Daraawardi dari Suhail dari Bapaknya dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Janganlah kalian mendahului orang-orang Yahudi dan Nasrani memberi salam. Apabila kalian berpapasan dengan salah seorang di antara mereka di jalan, maka desaklah dia ke jalan yang paling sempit. Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna; Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far; Telah menceritakan kepada kami Syu’bah; Demikian juga diriwayatkan dari jalur yang lain; Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah dan Abu Kuraib keduanya berkata; Telah menceritakan kepada kami Waki’ dari Sufyan; Demikian juga diriwayatkan dari jalur yang lain; Dan telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb; Telah menceritakan kepada kami Jarir seluruhnya dari Suhail melalui sanad ini. Dan di dalam Hadits Waki’ disebutkan; ‘Apabila kalian bertemu dengan orang Yahudi.’ Sedangkan dalam Hadits Ibnu Ja’far dari Syu’bah dia berkata mengenai ahlu kitab juga di dalam Hadits Jarir dengan lafazh; ‘Apabila kalian bertemu dengan mereka.’ (tanpa menyebutkan salah seorang di antara mereka).

Dari hadits di atas sudah sangat jelas hukumnya mengucapkan salam kepada orang kafir,dan hal ini juga bisa di ilhaqkan kepada hukum mengucapkan selamat natal atau ucapan selamat selamat yang lain yang berkenaan dengan ibadah dan keagamaan agama lain selain agama islam. [forum ramadlan]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.