Ibadah, Kenapa Harus?

, Ibadah, Kenapa Harus?Ibadah adalah suatu hal yang tidak lepas dari diri kita sebagai umat beragama, khususnya bagi umat Islam. Ibadah menjadi ketentuan yang harus dilakukan bagi seorang hamba. Jika ibadah ini tidak dilakukan, maka kewajiban itu belum dapat kita gugurkan. Sehingga, kita memiliki hutang yang nantinya harus dibayar di akhirat kelak. Lalu, apa sebenarnya tujuan utama beribadah?

Allah memerintahkan hamba-Nya untuk senantiasa beribadah kepada-Nya. Semua ini bukanlahlah perintah yang biasa, artinya ibadah ini akan memberikan efek yang baik bagi diri kita. Kita akan memiliki kualitas yang baik di mata Allah dan makhluk lain. Apakah itu? Takwa, menjadi tujuan utama dalam beribadah.

Allah SWT berfirman, “Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang sebelummu agar kamu bertakwa,” (QS. Al-Baqarah: 21).

Seseorang yang bertakwa akan selalu mengikuti sifat-sifatnya. Ia akan terhindar dari gangguan kehidupan, goncangan jiwa dan apa saja yang bertalian dengan benda. Itu artinya bahwa ia beribadah kepada Allah.

Manusia diberi sarana oleh-Nya. Diberi bumi untuk tinggal dan beribadah kepada-Nya. Allah memberi kewajiban-kewajiban. Karenanya, Allah meminta hak agar manusia beribadah kepada-Nya, dengan tujuan agar manusia dapat terhindar diri dari soal-soal buruk yag merugikan di dunia dan dari siksa neraka di akhirat.

Maka dari itu, tunggu apa lagi? Ayo laksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya. Berikan yang terbaik agar kedudukan takwa itu dapat kita raih. [Sumber: Anda Bertanya Islam Menjawab/Karya: Prof. Dr. M. Mutawalli asy-Sya’rawi/Penerbit: Gema Insani Jakarta (2007)]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.