Ini Alasannya Mengapa Kita Harus Melakukan Amal Shaleh

, Ini Alasannya Mengapa Kita Harus Melakukan Amal ShalehAllah SWT menganjurkan kepada hamba-Nya agar senantiasa mengerjakan amal shaleh. Perbuatan yang didasari atas dasar ikhlas dan ridha karena-Nya membuat tingkatan yang berbeda dengan orang yang tidak melakukan amal shaleh tersebut. Di mana setiap perbuatan yang dilakukan itu terdapat ganjaran dari sisi Tuhan-Nya.

Hanya saja, terkadang kita belum memahami apa arti sebenarnya dari amal shaleh. Apakah amal shaleh dapat menyelamatkan manusia dari kerugian dan merupakan salah satu syarat dari bertaubat atau penghapus dosa?

Banyak orang keliru dalam mengartikan amal shaleh. Amal shaleh hanya diartikan sebagai mengerjakan syiar-syiar agama saja.

Allah SWT berfirman, “Dan kepada Tsamud (kami utus) saudara mereka shaleh. Shaleh berkata, ‘Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya, karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya, Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya)’,” (QS. Huud: 61).

“Menjadikan kamu pemakmurnya” pada ayat tersebut memiliki arti bahwa “membangun” dan bukan “merusak”. Mengarahkan kekuatan iman kita sepenuhnya kepada pelaksanaan segala macam pembangunan fisik dan spiritual yang bermanfaat untuk segenap manusia.

Misalnya, ada sumberi air untuk minum, usahakan supaya mudah mengalir. Salurkan dengan pipa ke rumah-rumah merega agar terpenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga beban masyarakat terkurangi. Itu arti memakmurkan.

Pembangunan atau kemakmuran itu terbagi dua, yaitu:

Pertama, menghilangkan yang buruk atau yang merugikan masyarakat, menggantinya dengan yang baik.

Kedua, yang sudah baik, ditingkatkan menjadi lebih baik, lebih berdaya guna, dan setiap individu dalam masyarakat harus mengamalkan apa yang diwajibkan kepadanya. []

Sumber: Anda Bertanya Islam Menjawab/Karya: Prof. Dr. M. Mutawalli asy-Sya’rawi/Penerbit: Gema Insani

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.