Ini Bahayanya Jika Anak Terlalu Dimanja (1)

, Ini Bahayanya Jika Anak Terlalu Dimanja (1)

Memiliki anak adalah anugerah terbesar dari Allah SWT. Anak adalah sebuah amanat yang telah di berikan oleh Nya kepada orang tua dan itu harus di lakukan dengan sekuat dan sepenuh hati, cara mendidiknya pun tidak sembarangan karena itu akan membentuk karakter anak tersebut.

Memang apabila mendidik anak terlalu keras juga kurang tepat, namun sebaliknya juga bila terlalu memanjakan anak ternyata kurang baik lho untuk dilakukan. Selain akan membuat kita sendiri kerepotan dengan ulah manja si anak, terlalu memanjakan anak memiliki dampak negatif bagi sang anak di saat ia telah beranjak dewasa.

Kita sebagai orang tua harus lebih memahami dan lebih berhati-hati dalam mendidiknya. Kita harus lebih bijaksana dan mengerti kapan waktunya untuk bersikap keras dan kapan waktunya untuk memanjakan anak. Tentunya sebagai orang tua kita tidak boleh membiarkan anak manja selamanya kan?

Ada banyak hal yang merupakan pengaruh negatif bagi anak bila terlalu dimanjakan, di antaranya adalah:

1. Kurang peka atau kurang Inisiatif karena anak telah terbiasa dilayani, ini akan membuat anak menjadi kurang peka. Kurang adanya inisiatif untuk melakukan atau menyelesaikan sesuatu yang bermanfaat. Lebih baik sejak masih kecil ajarkan anak untuk mengerjakan sesuatu sendirian. Maksudnya untuk hal-hal yang mudah biarkan ia mencoba menyelesaikannya sendiri. Dan itu juga dilakukan ketika anak memang dirasa bisa untuk mengerjakan hal itu.

BERSAMBUNG

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.