Ini Dia Cara Mengatur Keuangan Setelah Menikah

0

Tentu saja kita semua sudah sangat paham mengelola keuangan pada saat sendirian dan menikah sangatlah berbeda. Setelah menikah, banyak perubahan pola pikir keuangan yang harus dilakukan. Misalnya saja, soal tabungan, tujuan keuangan, kebutuhan, dan masih banyak lagi. Konon, keberhasilan pernikahan juga ditentukan oleh kebiasaan keuangan yang kita lakukan.

Nah, berikut ini hal-hal yang harus kita perhatikan ketika sudah menikah terkait masalah keuangan.

Mulai dan punya tabungan. Setelah menikah, punya tabungan itu wajib. Di awal pernikahan memang sulit, tapi tetap tabungan adalah sesuatu yang harus kita prioritaskan.

Satu pintu keuangan. Ketika telah menikah, uang bukan milikmu atau milikku, tapi milik berdua. Buatlah satu rekening giro atau tabungan untuk tujuan keuangan bersama.

Terbuka soal utang. Kita harus terbuka pada pasangan kita soal utang yang kita punyai. Bagusnya sih, keterbukaan dimulai bahkan sebelum hari pernikahan. Dengan demikian Anda dapat memutuskan bagaimana Anda berdua akan melunasi pinjaman tersebut

Cari tahu ke mana uang Anda habis. Kita perlu melacak pengeluaran keluarga. Lebih mudah untuk melakukan evaluasi dan mencapai tujuan keuangan bila kita mengerti dengan saksama kemana saja uang dihabiskan dan bagaimana pola pengeluaran.

Kesepakatan tentang pengeluaran keluarga. Seperti layaknya lajang, Anda berdua pasti telah mendapatkan dan menghabiskan uang selama bertahun-tahun tanpa berkonsultasi pada siapa pun. Setelah menikah, kita harus berdiskusi dengan pasangan soal pendekatan dan kebiasaan Anda untuk menangani uang. Apakah satu orang pemboros dan satu lagi hemat? Buatlah aturan untuk menangani perbedaan, mungkin menetapkan batas pengeluaran bulanan untuk setiap orang atau menjanjikan untuk menyimpan sejumlah tertentu setiap bulan untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Prioritaskan pembelian. Bagian dari menikah berarti bersama-sama memutuskan bagaimana membelanjakan uang. Buatlah daftar pembelian yang akan datang – biaya sekolah anak, rumah, mobil, furnitur ruangan, hiburan dan sebagainya. []

 

 

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.