in

Ini Dia Dampaknya Jika Harga BBM Naik

antri-minyak-tanahMenjelang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), sejumlah pedagang sembako di sejumlah pasar tradisional di sekitar mulai menimbun barang dagangannya, dan hanya sebagian kecil yang dijual kepada konsumen. Karena adanya indikasi penimbunan barang ini, pasokan sembako ke pasar tradisional berkurang, maka harga-harga sembako pun bergerak naik.

Sejumlah bahan pokok yang harganya sudah naik seperti cabai keriting merah dan hijau, cabai rawit, wortel, tomat sayur, daun bawang, telur ayam, ayam, daging sapi, dan beberapa bahan kebutuhan pokok.

Selain itu jelas ada dampak kenaikan harga BBM. Adapun dampak kenaikan BBM bagi masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut :

1. Di Bidang Perekonomian
Perekonomian rakyat Indonesia yang tergolong didominasi menengah ke bawah, akan merasakan pengaruh yang sangat tinggi. Dimana BBM merupakan salah satu bahan utama untuk mata pencaharian mereka. Jika BBM naik maka sejumlah barang kebutuhan pokok pun juga akan meningkat.

2. Pengaruh Terhadap Kondisi Sosial Rakyat Indonesia.
Terkait dampak sosial adalah adanya anggapan bahwa pemerintah hanya mementingkan kepentingan kelompok asing dan golongan kaya yang hanya mencari keuntungan bahkan aspek sosial yang selama ini terabaikan seperti fasilitas jalan raya yang banyak berlubang, bangunan sekolah banyak yang rusak, tindak kejahatan yang semakin tinggi karena rakyat kalap mencari usaha dan penghidupan yang layak dan banyak masalah sosial lainnya.

3. Pengaruh Di Bidang Pendidikan Rakyat Indonesia
Biaya pendidikan yang semakin tinggi sehingga jangkauan masyarakat ekonomi rendah akan sulit untuk melanjutkan pendidikan karena terbatasnya pendapatan dan harga yang makin tidak terjangkau.

4. Pengaruh Di Bidang Kesehatan
Di daerah pedesaan atau wilayah Indonesia lainnya, masyarakat sangat sulit untuk berobat dengan biaya rendah.
Bahkan dengan kenaikan BBM yang diikuti kenaikan harga-harga barang, ibu-ibu rumah tangga mulai mengurangi kualitas gizi dan makanan anggota keluarganya untuk bisa berhemat dengan uang yang ada.

5. Pengaruh Di Bidang Transportasi dan komunikasi.
Kenaikan BBM sangat berpengaruh di bidang ini, biaya transportasi semakin mahal, sehingga antara penghasilan tidak sesuai lagi dengan pengeluaran sehari-hari. []

What do you think?

Written by

Writer di Rumah Keluarga Indonesia

Siapa di Balik Kristenisasi di Car Free Day?

Ini Sebabnya Ulama Melarang Nikah Beda Agama