Ini Dia Manfaat Bawang Putih

0

, Ini Dia Manfaat Bawang Putih

Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan bumbu dapur yang satu ini. Bawang putih sudah menjadi yang paling khusus sebagai pelengkap dalam masakan. Terutama bagi kaum wanita yang suka memasak. Namun, kita hanya mengetahui manfaat bawang putih ini sebagai bumbu masak. Tahukah kalian bahwa bawang putih memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan?

Ada beberapa orang yang tidak menyukai bumbu masak jenis ini. Menurut mereka, mengkonsumsi bawang putih hanya akan menyebabkan bau mulut. Padahal, bawang putih ini kaya akan khasiat yang baik bagi kesehatan.

Bawang putih telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun. Bahkan 3000 tahun SM, para pujangga Cina telah menguji dan menulis manfaat bawang putih. Cendekiawan Yunani kuno Aristoteles juga telah menguji bawang putih pada tahun 335 SM untuk digunakan sebagai pengobatan. Tulisan Mesir kuno mencatat bahwa bawang putih diberikan pada para pekerja yang membangun piramida untuk menjaga mereka agar tetap kuat dan sehat. Orang Rusia menjadikan bawang putih sebagai “ganti antibiotic” dan dikenal sebagai “Penisilin Rusia” karena dipercaya mengandung 1/10 kebaikan penisilin.

Ibnu Sina menyatakan, bawang putih dapat melemaskan dan menghilangkan bengkak, membersihkan kulit dan berguna untuk mencegah perubahan air. Abunya jika dilulurkan dengan madu sangat berguna untuk penyakit kulit, bermanfaat untuk mengobati alopesia dan pegal dipinggang. Bawang putih rebus di goreng dapat mengurangi sakit gigi, berkumur dengan air rebusannya selain mengurangi sakit gigi juga dapat membersihkan kerongkongan. Berkhasiat untuk batuk yang menahun, juga sakit dada karena kedinginan. Duduk diatas rebusan daunnya mengandung khasiat melancarkan kencing dan haid. Minum bawang putih tumbuk yang dicampur dengan madu dapat mengeluarkan dahak.

Bawang putih juga mampu menangkal flu, membasmi cacing perut, mengobati rematik, dan meredakan insomnia. Juga mampu memerangi penyakit-penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, jantung koroner, diabetes, ketidakseimbangan kolesterol dan kanker. Dari sekian banyak manfaat bawang putih, para ahli telah menemukan manfaat baru dari bawang putih yaitu dapat mencegah berat badan dan bahkan menurunkan berat badan. Suatu tes laboratorium menunjukkan bahwa tikus-tikus yang diberikan gula diet akan mengalami penurunan berat jika mereka diberi juga komponen bawang putih. [Sumber: safuan/abufarannisa]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.