Ini Dia Penyakit-penyakit yang Mengancam Saat Musim Hujan

0

, Ini Dia Penyakit-penyakit yang Mengancam Saat Musim HujanHujan yang terus-menerus dalam jumlah yang besar, juga bisa berisiko terjadinya banjir, yang semakin membuat penyakit lebih “merajalela” untuk menyerang manusia. Entah itu penyakit seperti flu, diare, bahkan yang paling parah yaitu demam berdarah.

Untuk itu benar-benar kita harus bisa menjaga kesehatan tubuh, terutama di musim hujan yang cuacanya sangat dingin. Nah, ini dia beberapa penyakit “langganan” di musim hujan.

Flu / influenza
Penyebaran virus influenza sangat sering melalui kontak langsung dengan objek yang disana terdapat virus influenza. Untuk itu sangat disarankan membiasakan diri ketika ingin makan, cuci terlebih dahulu tangan kita, sebenarnya cukup dengan menggunakan air yang bersih.

Tetapi jika tangan sangat kotor, maka bisa menggunakan sabun. Hal lainnya yang perlu mendapat perhatikan adalah menghindari tangan terlalu sering untuk memegang bagian tubuh seperti mata, hidung, dan mulut, karena virus influenza masuk melalui bagian tubuh tersebut.

Kemudian juga tetap makan-makanan yang bergizi, seperti buah dan sayur-sayuran, sehingga nantinya tubuh kita akan siap untuk menghadapi cuaca yang ekstrim

Diare
Penyakit diare disebabkan karena makhluk seperti parasit cacing dan amuba yang bisa masuk melakukan kulit, sehingga setiap orang akan sangat rentan untuk terkena penyakit diare. Ada beberapa tips yang perlu dijalankan untuk mengatasi penyebaran penyakit diare.

• Yang pertama yaitu menjaga kebersihan lingkungan, terutama perlu menjaga kebersihan selokan, karena ketika air selokan meluap akan membawa berbagai penyakit, untuk itu biasakan untuk membuang sampah pada tempatnya, jangan membuang sampah pada selokan yang disana terdapat air.
• Kemudian biasakan juga untuk mencuci tangan dan kaki.
• Menggunakan alas kaki untuk mencegah masuknya kotoran dan parasit melalui kulit.
• Hal lainnya yaitu selalu untuk menyediakan oralit di rumah, sehingga ketika terserang diare (semoga kita tidak mengalaminya), maka bisa langsung mengobati dengan oralit.

Demam berdarah
D iantara kedua penyakit pada musim hujan seperti yang disebutkan di atas (flu dan diare), penyakit demam berdarah merupakan yang paling berbahaya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah dari penyebaran penyakit diare.

• Yang pertama yaitu menjaga kebersihan di sekitar rumah, seperti membersihkan selokan dari berbagai sampah yang dibuang di selokan. Sehingga jangan buang sampah di selokan karena sangat berbahaya akibatnya.
• Tutup setiap air yang ditampung agar tidak menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk, terutama yang di kamar mandi.
• Menyiangi kebun agar menghindari berkembang biaknya nyamuk aedes aegepti.

Adapun hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam menghadapi musim hujan adalah menyediakan payung, jas hujan, maupun jaket. Sehingga kita akan bisa terlindungi dalam melakukan aktivitas di luar rumah.

Kemudian hindari juga melakukan aktivitas yang terlalu berat, kemudian juga minum yang cukup, terutama minuman yang hangat, entah itu air putih hangat maupun teh hangat . Jika Anda terkena penyakit gula, maka lebih baik pilih air putih hangat. [berbagai sumber]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.