Ini Dia Sifat-sifat Rasul

0

, Ini Dia Sifat-sifat RasulSebelum meneladani sifat-sifat dan perilaku Nabi dan Rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja sifat-sifat yang dimiliki oleh beliau.

Sifat dan akhlak Rasulullah SAW begitu sempurna dan memenuhi semua yang dibutuhkan oleh semua manusia, karena semua berasal dari Allah SWT yang menciptakan manusia. Ibaratnya seorang insinyur yang menciptakan robot, dia sangat tahu apa yang dibutuhkan oleh makhluk ciptaannya. Allah SWT memerintahkan manusia untuk menyayangi dan mengasihi orang lain, karena sudah fitrahnya setiap manusia ataupun makhluk lainnya ingin dikasihi dan disayangi. Orang jahat sekalipun, dia ingin dikasihi orang lain.

Oleh karena itu, Allah SWT mengutus Rasulullah SAW dengan sifatnya yang sangat pemurah, penyayang dan paling lemah lembut terhadap orang lain.

Sifat-sifat yang dimiliki nabi dan rasul:

  1. Sidiq, berarti jujur.
  2. Amanah, berarti dapat dipercaya
  3. Tabligh, berarti menyampaikan
  4. Fatonah,, berarti cerdas atau pandai

Sifat-sifat yang tidak dimiliki nabi dan rasul

  1. Kidib, berarti bohong
  2. Khianat, berarti khianat
  3. Kitman, berarti tidak dapat dipercaya
  4. Baladah, berarti bodoh

contoh perilaku Rasulullah SAW yang jika kita amalkan, insya Allah akan memperbaiki setiap sisi kehidupan kita. Dimulai dari akhlak dalam kehidupan pribadi, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

  1. Rasulullah SAW tidur
  2. Rasulullah SAW makan,minum
  3. Rasulullah SAW berjalan dan bergaul

Berikut, sifat-sifat rasul yang harus kita teladani dalam kehidupan sehari-hari. [kipayatul mubtadiin]

Artikel Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.