Ini Pentingnya Dongeng dalam Membentuk Sikap Anak

, Ini Pentingnya Dongeng dalam Membentuk Sikap AnakApa Ummi di rumah suka mendongeng kepada anak-anak?

Berdasarkan pendapat Endraswara (2005:168), bahwa cerita anak paling tidak mampu menyenangkan jiwa anak dan memberikan ajaran tertentu, memiliki fungsi handal, terutama bagi pembentukan watak dan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, cerita anak diletakkan sebagai figur teladan penting bagi anak. Karena dunia anak masih terombang-ambing, melalui cerita anak, jiwa mereka akan terbentuk sedikit demi sedikit.

Walaupun cerita dalam dongeng tersebut fiktif, namun kesan yang ditimbulkannya bisa menciptakan daya fantasi anak. Akibatnya anak menjadi sangat menyukai dongeng dan cerita fantasi tersebut.

Selain itu dongeng juga berfungsi sebagai sarana ‘pengembaraan’ anak. Sebab dengan mendengar dongeng, fantasi dan daya cipta anak akan mengembara sesuai alur cerita dalam dongeng. Saat itulah biasanya unsur pendidikan dan pembinaan moral dapat ‘disusupkan’ dalam benak anak-anak.

Beberapa sifat yang selalu dimiliki tokoh-tokoh pembela kebenaran dalam dongeng adalah jujur, cinta kasih, adil, dan bersahabat. Sifat-sifat tersebut jarang terdapat dalam cerita modern yang umumnya berasal dari luar negeri. Sebab seringkali unsur tersebut dikalahkan oleh fantasi kekuatan dan kesaktian yang justru membuat anak menjadi lupa pada perbuatan saling menyayangi dan menghormati orang lain.

Orang tua atau bahkan pendidik yang terbiasa mendongengpun, barangkali tidak menyadari bahwa melalui dongeng berbagai cerita yang didongengkannya, ia tengah menyajikan fakta-fakta secara sederhana. Ketika bercerita tentang sekuntum bunga mawar atau kupu-kupu yang cantik, secara tidak langsung dia mengajarkan ilmu pengetahuan alam dengan cara yang paling sederhana dan menarik. [Sumber: raykatana-rhiena]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.