Ini Waktu Doa yang Mustajab

, Ini Waktu Doa yang MustajabDoa menjadi salah satu cara seseorang untuk meminta sesuatu kepada Allah SWT. Dengan berdoa, seseorang dapat mencurahkan segala hal yang menjadi keinginannya kepada Allah. Karena tentunya kita yakin akan pertolongan Allah.

Aktivitas berdoa biasanya dilakukan setiap saat, terutama setelah selesai menjalankan shalat fardhu maupun sunnah. Tapi, tahukah Anda, bahwasanya ada waktu-waktu terntentu yang menjadikan doa kita itu mustajab?

“Carilah doa yang mustajab pada saat bertemunya dua pasukan, pada saat iqomah shalat dan saat turunnya hujan,” (HR. Al-Hakim).

Dalam hadis tersebut dikatakan bahwasanya ada dua waktu mustajab dalam berdoa. Pada saat iqomah dan ketika turunnya hujan, itulah waktu yang dipercaya sebagai waktu yang mustajab. Maka dari itu, ketika waktu-waktu tersebut biasakanlah untuk berdoa dengan sungguh-sungguh kepada Allah. Apa pun segala maksud kita, utarakanlah ketika itu.

Memang semua waktu itu baik, namun di antara yang baik itu tentunya ada yang palig baik. Nah pada kedua waktu inilah yang paling baik untuk kita dalam berdoa. Tapi, jangan karena berpikir waktu tersebut yang paling baik menjadikan kita lupa berdoa di waktu yang lain. Melainkan kita harus banyak berdoa juga di waktu yang lain dan sempatkanlah untuk berdoa di dua waktu ini.

Berdoa berarti memohon atau meminta kepada Allah SWT. Jika kita berdoa, itu menunjukkan bahwa kita sangat membutuhkan kasih sayang dan rahmat dari Allah. Dengan berdoa, menyadarkan kita bahwa kita bukanlah makhluk sempurna, melainkan membutuhkan orang lain termasuk Allah untuk membantu memenuhi segala kebutuhan dan urusannya di dunia, serta kebaikan di akhirat. Dan jika kita tidak berdoa, itu berarti kita termasuk dalam kategori orang yang sombong. Wallahu ‘alam. [Disarikan dari situs jejaring sosial yang tersebar luas di media]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.