Jadi Ibu Rumah Tangga? Begini Caranya (2 – Habis)

 

, Jadi Ibu Rumah Tangga? Begini Caranya (2 – Habis)

7. Bangun paling awal

Jika anda ingin menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik, berusahalah untuk bangun paling awal. Sudah barang tentu geliat kehidupan keluarga akan dimulai ketika pagi hari menjelang. Ketika pagi hari sudah bukan rajasia lagi jika akan ada seabrek kegiatan yang sudah menunggu. Anak-anak harus pergi ke sekolah, suami harus pergi ke kantor dan lain sebagainya. Siapkanlah semua kebutuhan mereka sebaik mungkin. Mulai dari sarapan, barang-barang penting yang harus dibawa suami, seragam sekolah anak-anak anda dan lain sebagainya. Berusahalah mempersiapkan semua itu dengan sabar dan sebaik mungkin. Jika anda bangun tidur siang, bayangkan apa yang akan terjadi? semuanya bisa menjadi kacau. Walaupun mungkin anda mempunyai seorang pembantu sekalipun, jangan limpahkan semua kewajiban anda kepadanya. Paling tidak anda dan pembantu anda bisa saling bekerjasama untuk menuntaskan seabrek kegiatan di pagi hari yang mesti diselesaikan. Bagaimana bunda, setuju kan?

8. Pandai memanage uang belanja keluarga

Hmm, jika sudah berbicara soal uang, tugas anda sebagai seorang ibu rumah tangga sudah tentu menjadi pemegang sekaligus pengelola keuangan keluarga anda. Gaji suami yang diserahkan kepada anda harus anda manage sebaik mungkin. Anda harus memahami dan mengerti mana kebutuhan primer, mana kebutuhan sekunder dan mana kebutuhan tersier. Jangan hanya menuruti keegoisan anda sendiri dengan berbelanja segala sesuatu yang anda inginkan tanpa memikirkan kebutuhan keluarga anda yang lainnya yang mungkin saja lebih penting dari barang belanjaan anda. Sebisa mungkin anda handle semuanya serapi mungkin. Syukur-syukur ada uang sisa untuk ditabung demi masa depan keluarga anda. Bagaimana? apakah anda setuju dengan hal ini?

9. Pantau perkembangan buah hati anda

Sebagai seorang ibu, perkembangan anak merupakan sebuah tanggung jawab besar yang juga harus anda emban. Bagaimanapun juga, sosok ibu adalah yang paling berpengaruh terhadap perkembangan anak. Sejak  anak anda lahir, anda memang berkewajiban untuk memberikan service terbaik untuk mereka. Jika anda acuh tak acuh tehadap perkembangan anak anda, coba bayangkan bagaimana nasib anak-anak anda di masa depan. Apakah anda rela jika anak anda tumbuh berkembang menjadi sosok seorang anak yang kekurangan gizi, sosok anak yang nakal, sosok anak yang tidak punya sopan santun dan berbagai sifat dan sikap yang kurang baik lainnya? sadarilah, bahwa peran anda sangat penting untuk perkembangan anak anda. Nah, jika anda ingin menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik, sadarilah hal ini. Asuhlah putra putri anda dengan sepenuh hati. Cetaklah sosok penerus bangsa yang berkualitas. Bagaimana bunda, setuju kan?

10. Tidurlah paling akhir

Pastikan semua kondisi rumah sudah beres jika anda akan bertirahat untuk tidur malam. Pastikan juga semua putra putri anda sudah lelap tertidur. Jangan sampai anda sudah tertidur pulas dengan meninggalkan kompor yang ternyata masih menyala, atau kran masih menyala. Intinya pastikan semuanya sudah beres ketika anda beranjak tidur. Akan lebih baik lagi jika anda selalu berusaha untuk tidur paling akhir dibandingkan anggota keluarga yang lain. [segitigamedia]

HABIS

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.