Jadi Ibu Rumah Tangga? Begini Caranya (1)

0

, Jadi Ibu Rumah Tangga? Begini Caranya (1)

Ibu rumah tangga itu keren lho. Jika seorang wanita bekerja di kantor, ia hanya bekerja selama paling lama 9 jam. Tapi menjadi ibu rumah tangga, ini adalah sesuatu yang tak pernah berhenti dalam hidup kita. Nah, secara praktik, mungkin kita sudah sangat paham akan posisi ini. Tapi tidak ada salahnya, untuk menjadi ibu rumah tangga yang keren, kita tahu beberapa ilmunya. Apa saja?

1. Jadilah seorang ibu yang pengertian

Tugas seorang ibu dalam sebuah keluarga tak terhitung besar dan beratnya. Namun, itulah yang mau tidak mau harus anda emban dan anda sandang. Untuk menjadi seorang ibu yang baik, berusahalah menjadi sosok seorang ibu yang cepat tanggap dan pengertian terhadap segala hal menyangkut keluarga anda. Misalnya saja, ketika putra putri anda sedang sakit, bersegeralah untuk bertindak. Naluri seorang ibu melekat kuat dalam diri anda. kasih sayang anda sebagai seorang ibu sangat dibutuhkan oleh suami dan putra putri anda di rumah. Intinya, jadilah sosok seorang ibu yang pengertian pada apapun yang berhubungan dengan kondisi keluarga anda.

2. Sabar

Sebagai seorang ibu, anda lah yang seharusnya menjadi embun penyejuk dalam setiap masalah yang timbul dalam keluarga anda. Jangan sebaliknya, anda justru menjadi seorang ibu yang galak dan tidak mau tahu terhadap masalah yang ada dalam keluarga anda. Sifat dan sikap sabar sangat penting untuk anda miliki dan terapkan dalam diri anda. Jika suasana rumah kacau karena putra putri anda bermain-main dan membuat kotor rumah anda, bersabarlah dan lakukanlah apa yang harus anda lakukan dengan sabar dan ikhlas. Niatkan dalam diri bahwa anda lah yang bertanggung jawab terhadap keadaan rumah anda. Sabarlah ketika suami anda cape pulang kerja dan uring-uringan, berikan pelayanan terbaik anda sebagai seorang istri sekaligus seorang ibu. Jika anda dapat menyematkan sabar dalam setiap sisi kehidupan anda, hmm lihat dan rasakanlah apa imbal balik yang akan anda dapatkan dari suami dan putra putri anda kepada anda, anda akan sangat disayang oleh mereka. Setuju kan bunda ?

3. Belajar memasak dan menyiapkan menu makanan untuk keluarga anda

Bagi seorang wanita karier, hal yang satu ini mungkin terbilang “sangat sulit” untuk dapat diwujudkan. Tetapi jangan berkecil hati dulu, paling tidak anda sudah menyiapkan makanan walaupun dengan cara membeli makanan jadi diluar. Bagi anda yang memang dalam kesehariannya berada di rumah, tentu saja hal ini terbilang mudah untuk anda lakukan. Jika memang anda setiap hari berada dirumah, alangkah baiknya anda menyiapkan menu makanan untuk keluarga anda dengan cara membuatnya sendiri di rumah. Belajarlah memasak sendiri. Dan berikan resep masakan anda yang paling lezat untuk keluarga anda.

4. Jangan terlalu mengandalkan pembantu rumah tangga

Kita semua tentu tahu, pada jaman sekarang peran ibu hampir sepenuhnya digantikan oleh seorang pembantu rumah tangga. Jika anda memang mempunyai pembantu, usahakan jangan sedikit-sedikit meminta bantuan pembantu anda. Cobalah untuk melakukan peran anda sebagai seorang ibu rumah tangga yang semestinya. Membuatkan susu untuk anak saja anda menyuruh pembantu anda, hindari hal ini. Cobalah untuk membuatkan susu untuk anak anda sendiri. Hal ini akan membuat ikatan anda dengan putra putri anda menjadi lebih kuat. Jadikan peran pembantu hanya sebagai “pembantu”. Pembantu tugasnya memang membantu anda dan seharusnya tidak 100 persen anda limpahkan semua tugas rumah tangga anda kepada pembantu anda tersebut. Sadarilah hal ini. Setuju kan bunda?

5. Luangkan waktu anda untuk sekedar bermain-main dengan putra putri dan suami anda

Ambil momen yang tepat untuk bercanda dengan keluarga anda. Lihatlah betapa bahagianya mereka ketika anda ada di tengah-tengah mereka. Kehangatan sosok seorang ibu memang sangat dibutuhkan untuk keharmonisan dan kebahagian sebuah keluarga. Lihatlah betapa banyak anak-anak yang merasa “kehilangan” sosok orang tua mereka terutama sosok seorang ibu yang selalu sibuk dengan urusannya sendiri dan hampir tidak pernah punya waktu untuk keluarganya. Jangan pertaruhkan kondisi psikologis putra putri anda hanya karena keegoisan anda sendiri. Bagaimana pun juga suami dan putra putri anda membutuhkan anda di tengah-tengah mereka, walaupun hanya sekedar bermain-main. Jangan sepelekan hal ini. Bagaimana bunda, setuju kan?

6. Membuatkan secangkir minuman untuk sang suami tercinta

Seorang suami juga membutuhkan perhatian anda. Mungkin bagi anda menyuguhkan secangkir kopi bukanlah hal yang penting dan hampir tidak ada artinya. Tetapi jangan salah, bisa jadi secangkir kopi buatan anda adalah sebuah hal yang sangat bermakna bagi suami anda. Pernahkah anda memperhatikan hal ini?

BERSAMBUNG

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline