Jadi Motivator Suami di Hari Kerja

 

, Jadi Motivator Suami di Hari KerjaSenin setelah libur akhir pekan sering kali membuat suami kita agak malas untuk bekerja. Untuk itu diperlukan dorongan dari kita sebagai istri agar suami giat bekerja mencari rezeki.

Peran istri sebagai motivator suami maksudnya istri memberi motivasi pada suami. Motivasi ini datang dari istri (luar), yang mendorong suami untuk memiliki kekuatan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Beberapa pengertian yang ada hubungannya dengan motivasi dipakai dalam dunia usaha untuk menggambarkan tingkah laku dan produktivitas pekerja dan manajer.

Istilah “motivasi” sering digunakan untuk menggambarkan semacam produktivitas, yaitu bagaimana seorang manajer menghendaki bawahannya melakukan suatu pekerjaan. Seseorang dikatakan “dimotivasikan” bila ia melaksanakan sesuatu seperti apa yang diharapkan kepadanya. Semua orang dewasa mempunyai motif atau “kebutuhan dasar” untuk menyalurkan persediaan daya potensial sebab pada prinsipnya semua orang yang cakap dan berhasil dalam bekerja dan ini dapat dilihat dari tingkah lakunya dalam bekerja.

Daya potensi seseorang dapat berkembang maksimal, ini sangat tergantung pada situasi dan kekuatan motivasinya. Dapat disederhanakan sebagai berikut:

Tingkah Laku = Motif x Situasi

Semua orang dewasa berpotensi untuk bertingkah laku secara beraneka ragam. Bagaimana mereka bertingkah laku, tergantung kepada:

  1. Kekuatan atau kesiapan dari berbagai motif yang ada pada diri seseorang.
  2. Karakteristik situasi dan kesempatan

Dalam hal ini istri dapat berperan membantu suami untuk memiliki kekuatan dan kesiapan agar selalu memiliki motivasi atau daya dorong untuk dapat bekerja dengan semangat dan mengembangkan kemampuan diri. Istri dapat membantu suami dengan menciptakan situasi yang memungkinkan suami dapat bekerja dengan berprestasi agar dapat meraih berbagai kesempatan yang menguntungkan dan member dampak positif bagi perusahaan dan keluarganya.

Istri dapat memberi situasi yang mampu mendorong suami untuk memiliki motif berprestasi dalam bekerja. Istri dapat menjadi pasangan yang mampu diajak berkomunikasi dengan efektif bagi suami. Istri dapat mendorong suami untuk mampu menjadi pekerja yang memiliki tanggung jawab dan komitmen yang tinggi. Selain itu istri dapat mendorong agar suami mampu mencoba sesuatu yang baru dan senantiasa dapat member kritik saran yang membangun.

Nah, siap kan jadi motivator untuk suami tercinta? []

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.