in

Jaga Ini Ketika di Luar, Muslimah (1)

perempuan muslimah dudukWanita boleh saja ke luar dari rumah untuk memenuhi hajatnya asal tetap menjaga adab dan etika yang telah di tetapkan oleh syari’at dan yang telah diajarkan atau diarahkan oleh Rasulullah SAW. Di antaranya seperti pesan-pesan Rasulullah SAW kepada wanita pada saat keluar dari rumah:

Berdo’a dan memohon perlindungan dari Allah. Rasulullah SAW bersabda: “Tiada sesuatu yang lebih mulia dalam pandangan Allah selain do’a”. Pada dasarnya semua orang juga siharuskan berdo’a pada saat keluar dari rumah. Fungsinya yaitu agar terhindar dari mara bahaya dan kembali dalam keadaan selamat. Tak terkecuali dengan wanita, berdo’alah kepada Allah agar terhindar dari fitnah baik yang disebabkan oleh syetan maupun oleh manusia.

Ditemani oleh muhrimnya. Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah sekali-kali seorang pria berkhalwat dengan seorang wanita kecuali jika wanita itu disertai seorang mahramnya. Tidak boleh pula seorang wanita melakukan perjalanan kecuali disertai mahramnya.” Untuk itu, jika seorang muslimah hendak menyelesaikan hajatnya di luar rumah maka antarlah dengan mahramnya yang bertanggung jawab atas diri, harta, dan kehormatannya.

Meminta izin suaminya (bagi yang sudah bersuami). Rasulullah SAW bersabda: “Wanita mana saja yang keluar dari rumahnya tanpa seizin suami, maka para malaikat melaknati dirinya hingga ia kembali (lagi ke rumahnya).”

Menutup Aurat. Rasulullah SAW bersabda: “Telah berkata Ummu ‘Athiyah, saya bertanya: “Wahai Rasulullah apakah salah seorang dari kami dinyatakan bersalah bila tidak keluar (pergi ke tanah lapang) karena tidak mempunyai jilbab?”. Maka sabdanya, “Hendaklah temannya meminjamkan jilbab untuknya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

BERSAMBUNG

What do you think?

Written by

Writer di Rumah Keluarga Indonesia

Para Istri, Jangan Lakukan Hal Ini pada Suami (2-Habis)

Jaga Ini Ketika di Luar, Muslimah (2-Habis)