Jalan Kaki Yuk, Ini Manfaatnya!

0

, Jalan Kaki Yuk, Ini Manfaatnya!Anda suka berjalan kaki? Aktivitas ini—dalam perspektif medis—dinilai sebagai olah raga mudah dan cocok untuk orang-orang segala usia. Kita juga tentu tahu bahwa teladan kita sepanjang masa Nabi Muhammad SAW disebutkan dalam berbagai macam referensi sirah, mempunyai kegemaran berjalan kaki hampir setiap hari.

Dan seperti dikutip dari tescolliving, Inilah mengapa jalan kaki sangat baik untuk (kesehatan) Anda.

1. Jalan kaki memperkuat jantung Anda

Berjalan kaki secara regular telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Jalan kaki menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dan menjaga tekanan darah.

Menurut Stroke Association, berjalan cepat selama 30 menit dapat membantu mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan stroke—mengurangi risiko hingga 27 persen.

2. Jalan kaki menurunkan risiko penyakit

Selain penyakit jantung, kebiasaan berjalan kaki dapat memangkas risiko terkena diabetes tipe 2, asma, dan beberapa jenis kanker. Sebuah studi di British Medical Journal menunjukkan berjalan kaki setiap hari dapat membantu menangkal diabetes. Dan menurut Walking for Health, olahraga teratur seperti berjalan kaki dapat mengurangi risiko penyakit hingga 60 persen.

3. Jalan kaki mengontrol berat badan

Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, Anda perlu membakar sekitar 600 kalori per hari lebih daripada yang Anda makan, demikian menurut Tescoliving. Dan berjalan kaki adalah salah satu cara termudah untuk melakukannya.

Seseorang dengan berat 60kg membakar 75 kalori hanya dengan berjalan-jalan selama 30 menit. Berjalan kaki juga meningkatkan massa dan nada otot dan semakin banyak otot yang Anda miliki, semakin cepat metabolisme Anda—sehingga lebih banyak kalori yang Anda bakar, bahkan pada saat istirahat.

4. Jalan kaki mencegah demensia (pikun)

Demensia hinggap pada 1 di antara 14 orang yang berusia di atas 65 tahun dan 1 dari enam orang yang berusia lebih dari 80 tahun. Olahraga teratur mengurangi risiko demensia hingga 40 persen.

5. Jalan kaki mencegah osteoporosis

Berjalan kaki dianggap sebagai kegiatan menahan beban sehingga aktivitas ini merangsang dan memperkuat tulang, meningkatkan kepadatan tulang dan terutama bagi perempuan. Jalan kaki juga membantu menjaga sendi yang sehat sehingga dapat mencegah kondisi kerusakan tulang seperti arthritis. []

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline