in

Jangan Biasakan Menunda-nunda

muslimahKebiasaan  setiap orang itu berbeda, tetapi kadang orang berfpkir untuk menundanya esok hari dan yang terjadi adalah terlambat. Terlambat bertindak bukan karena Anda sibuk, bukan belum sempat dikerjakan, bukan juga karena pekerjaan Anda menumpuk. Itu semua terjadi karena Anda suka atau biasa menunda-nunda pekerjaan. Anda selalu berharap “masih ada hari esok”.

Ragu-ragu, kurang gesit, kurang percaya diri, suka mencari-cari alasan, selalu berpikir negatif, takut mengambil resiko, takut gagal, takut rugi, merasa sibuk sekali atau sebaliknya emang malas dan masih setumpuk hal lain yang membuat Anda punya cukup alasan untuk selalu menunda pekerjaan.

Disiplin diri adalah hal yang sulit untuk dicapai jika suatu kebiasan buruk telah terbentuk selama bertahun-tahun. Hal ini dapat disebabkan semenjak saat membesarkan anak. Banyak anak yang dibesarkan oleh orangtua yang terlalu mengendalikan diri mereka akan mengalami kesulitan untuk membuat keputusan sendiri. Sering kali, perilaku ini mengikuti berimbas terhadap kehidupan dewasa mereka.

Oleh karena itu, sangat sulit untuk mengubah perilaku buruk mereka karena mereka memeiliki keterampilan membuat keputusan yang sangat buruk. Meskipun sangat sulit, namun belajar melalui evaluasi diri adalah cara termudah untuk menghilangkan perilaku penundaan dan mengembangkan keterampilan-keterampilan dengan baik.

Jika Anda ingin menaklukkan sifat menunda-nunda untuk mencapai tujuan, Anda harus segera mengcounter perilaku penundaan itu. Mengembangkan suatu sistem yang memungkinkan Anda untuk mengatur waktu Anda secara efektif akan dapat membantu anda menghilangkan penundaan. Organisasi merupakan faktor kunci. Seringkali orang merasa kewalahan dengan tugas-tugas mereka karena ada begitu banyak hal yang harus dilakukan. Menuliskan tujuan Anda dan mengikutinya sangat bisa membantu anda. Hal ini juga dapat memberikan gagasan yang jelas tentang apa sebenarnya yang harus Anda capai dalam kerangka waktu yang ditetapkan.

Mengetahui dengan pasti akan konsekuensi dari tindakan atau atau tidak adanya tindakan merupakan elemen kunci dalam rangka untuk menghilangkan penundaan. Mengambil tanggung jawab akan memberdayakan Anda untuk menggunakan sarana-sarana yang diperlukan untuk menghadapi tantangan-tantangan baru. Mengenali dengan akan kekurangan-kekurangn yang anda miliki dan menggunakannya untuk keuntungan Anda adalah cara yang sangat bagus untuk mengatasi rasa takut gagal. Sangat penting anda berpikir tentang apa yang ingin Anda dapatkan dengan menghilangkan sifat menunda-nunda dalam hidup Anda.[aldi/ menjadiluarbiasa/sulitnih]

What do you think?

Written by

Writer di Rumah Keluarga Indonesia

Isabelle Matic Nyatakan Jadi Muslimah karena Insiden Charlie Hebdo

Ini Dia Sunnah-sunnah Ketika Bangun Tidur