Jenis Senam Hamil yang Aman Dilakukan

0

Wanita yang sedang hamil harus lebih berhati-hati dalam bertindak dan melakukan banyak hal. Ada banyak hal yang harus ditinggalkan dan ada banyak hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan buah hati dalam kandungan. Hal utama yang harus dijaga terutama adalah asupan makanan. Makanan yang dikonsumsi haruslah makanan yang memiliki gizi seimbang. Berbagai suplemen juga perlu dikonsumsi seperti zat besi, folat, dan beberapa suplemen lain jika dibutuhkan. Selain makanan, wanita yang sedang hamil juga tidak boleh mengkonsumsi sembarang obat karena akan berpengaruh terhadap janin yang dikandungnya. Oleh sebab itu menjaga kesehatan menjadi prioritas utama wanita hamil. Selain menjaga kesehatan, melakukan olahraga agar dapat melahirkan dengan lancar dan melalui cara normal juga dapat dilakukan. Salah satu olahraga yang dapat dilakukan adalah senam hamil.

Senam untuk Ibu Hamil

Ada beberapa jenis senam hamil yang dapat Anda pilih. Adapun beberapa jenis senam tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Yoga

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan yoga. Ada beberapa gerakan yoga yang dapat dilakukan untuk membantu memperlancar persalinan nantinya. Dengan melakukan gerakan tersebut dapat melatih tubuh Anda lebih rileks dan tidak tegang saat melahirkan. Anda dapat mengikuti program yoga khusus untuk masa kehamilan jika perlu.

  1. Senam kegel

Senam kegel juga sangat baik dilakukan untuk ibu hamil. Senam kegel bertujuan untuk menguatkan bagian otot yang ada pada bagian dasar panggul, uretra, rektum, dan rahim sehingga bail bagi ibu hamil. Melakukannya secara rutin dapat memperlancar masa persalinan Anda.

  1. Peregangan

Melakukan peregangan secara rutin juga merupakan senam yang baik bagi ibu hamil. Peregangan bertujuan untuk melenturkan otot sehingga Anda dapat lebih rileks saat melahirkan sehingga rasa nyeri dapat diminimalkan.

Itu tadi 3 senam hamil yang dapat Anda lakukan. Jangan lupa untuk melakukannya dengan hati-hati dan dibawah pengawasan profesional. Hal ini karena gerakan yang salah dapat sangat berpengaruh pada ibu dan buah hati dalam kandungan. Lakukan sesuai kemampuan dan jangan memaksakan diri. Melakukan sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan.

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline