Jika Belum Punya Keturunan, Mungkin Suami Punya Varikokel

, Jika Belum Punya Keturunan, Mungkin Suami Punya VarikokelSecara umum, sulit punya keturunan bisa datang dari faktor wanitanya dan juga dari faktor laki-lakinya. Faktor laki-lakinya, salah satu yang menyebabkannya adalah varikokel. Ya,Varikokel adalah pembesaran dan pemanjangan jaringan pembuluh darah vena yang terdapat di testis  dan funiculus spermaticus.

 Jenis dan Penyebab Varikokel

  1. Varikokel Primer : faktor penyebab tidak diketahui. Namun, diduga ia terjadi akibat kelemahan (klainan) bawaan pada dinding pembuuh darah, sehingga menyebabkannya menggelembung. Selain itu , pembuluh darah vena yang ada dikawasan testis tidak memiliki katup sehingga mengakibatkan kelebihan suplai darah dan berlanjut dengan penggelembungan.
  2. Varikokel Sekunder : varikokel ini terbentuk disebabkan oleh faktor :
    1. Tumor perut yang menyebabkan pembekuan darah pada vena spermatika.
    2. Pembengkakan pada ginjal sehingga mengakibatkan tekanan terhadap pembuluh darah.

Gejala-gejala varikokel

  1. Biasanya tidak terdapat gejala sama sekali. Varikokel bisa diketahui secara kebetulan ketika dilakukan pemeriksaan medis.
  2. Kadang-kadang timbul rasa nyeri yang menyebar di lokasi Varikokel.
  3. Kadang-kadang varikokel mempengaruhi jumlah dan aktivitas sperma.

Efek Bekam Terhadap Varikokel

  1. Sebagaimana diketahui, kawasan testis mendapatkan suplai darah melalui darah pembuluh diselangkangan  (inguinal Region). Pembekaman di kawasan ini akan menghilangkan darah beku dari varises yang terdapat pada tesis, sehingga tidak akan terjadi lagi pembekuan darah, pembekakan varises, dan kekurangan aktivitas atau jumlah sperma.
  2. Bekam berperan menyampaikan suplai darah ke dinding pembuluh darah pena yang lemah, sehingga akan menguatkannya.
  3. Zat nitrit oksida (NO) berperan meningkatkan suplai gizi ke pembuluh darah vena sehingga menguatkan ke pekuatan dindingnya.

Catatan

  1. Penderita Verikokel tidak dianjurkan untuk berdiri dalam jangka waktu lama. Karena berdiri dan berjalan menyebabkan bertambahnya pembengkakan pembuluh darah.
  2. Penderita Varikokel tidak dianjurkan berpanas-panasan, karena hal itu akan menyebabkan varises semakin menggelembung.
  3. Penderita varikokel harus menghindari penggunaan pakaian ketat agar tidak meningkatkan tekanan pada varises
  4. Untuk mengevaluasi hasil terapi dan pemulihan, harus dilakukan pemeriksaan cairan sperma setiap kali selesai melakukan terapi atau dilakukannya diagnosis dengan Doppler  vascular terhadap pena testis

Perawatan Dan Cara Mengobati Varikokel

Pengobatan varikokel mungkin tidak diperlukan. Namun, jika varikokel Anda menyebabkan rasa sakit, atrofi testis atau infertilitas, Anda mungkin ingin menjalani perbaikan varikokel. Tujuan operasi varikokel adalah untuk menutup vena yang terkena dampak untuk mengarahkan aliran darah ke dalam pembuluh darah normal. Namun, efek perbaikan varikokel pada kesuburan tidak jelas.

Meskipun varikokel biasanya berkembang pada masa remaja, itu kurang jelas apakah Anda harus menjalani pengobatan varikokel pada waktu itu. Indikasi untuk penyembuhan varikokel pada masa remaja meliputi atrofi testis progresif, sakit atau hasil analisis air mani yang abnormal.

Perbaikan varikokel terdapat relatif sedikit risiko, yang mungkin termasuk:

  • Penumpukan cairan di sekitar testis (hidrokel)
  • Kambuhnya varikokel
  • Kerusakan arteri

Metode perbaikan meliputi:

Operasi terbuka. Perawatan ini biasanya dilakukan secara rawat jalan, dengan menggunakan anestesi umum atau anestesi lokal. Biasanya, dokter bedah Anda akan mendekati vena melalui pangkal paha (transinguinal), tapi juga dimungkinkan membuat sayatan di perut atau di bawah pangkal paha.

Perbaikan varikokel telah menyebabkan pengurangan komplikasi pasca operasi varikokel. Penggunaan mikroskop bedah, yang memungkinkan ahli bedah untuk melihat area perlakuan yang lebih baik selama operasi. Satu lagi adalah penggunaan USG Doppler, yang membantu memandu prosedur.

Nyeri setelah operasi ini umumnya ringan. Dokter mungkin meresepkan obat varikokel atau obat nyeri selama dua hari pertama setelah operasi. Setelah itu, dokter mungkin menyarankan Anda untuk menggunakan obat tradisional varikokel atau obat penghilang rasa sakit, untuk meringankan ketidaknyamanan.

Dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk tidak melakukan hubungan seks selama satu sampai dua minggu. Anda harus menunggu tiga atau empat bulan setelah pembedahan untuk mendapatkan analisis air mani untuk menentukan apakah perbaikan varikokel berhasil dalam mengembalikan kesuburan Anda.

Operasi laparoskopi. Dokter bedah Anda membuat sayatan kecil di perut Anda dan memasukan alat kecil melalui sayatan untuk melihat dan memperbaiki varikokel. Prosedur ini memerlukan anestesi umum. [berbagai sumber]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.