Jika Hendak Memberi Nama Bayi

, Jika Hendak Memberi Nama Bayi

Ungkapan Shakespeare “Apalah arti sebuah nama” tidak berlaku di keluarga Muslim. Nama merupakan doa, dan doa merupakan harapan dari orang tua terhadap anaknya. Maka, nama menjadi penting dalam sebuah keluarga Muslim.

Baca Juga

Pentingnya Quality Time Bulan Ramadhan bersama Keluarga

Untuk itu, perlu kiranya menyiapkan diri untuk mencari nama yang indah untuk anak-anak kita. Ada tipsnya juga lho. Berikut di antaranya:

  1. Lakukan pencarian nama jauh hari sebelum bayi lahir. Dengan memiliki lebih banyak waktu untuk mencari nama, maka kita akan mendapatkan lebih banyak pilihan.
  2. Perhatikanlah arti nama bayi. Jangan memilih nama hanya karena sekadar suka dengan nama tersebut.
  3. Untuk kita yang memiliki marga, nama bayi disesuaikan dengan nama marga sehingga nyaman untuk didengar. Untuk kita yang secara budaya tidak memiliki marga, menambahkan nama keluarga di belakang nama bayi bisa menjadi pilihan.
  4. Pilihlah nama yang mudah untuk ditulis dan mudah untuk dilafalkan untuk mencegah terjadinya kesalahan penulisan nama anak kita di waktu yang akan datang.
  5. Pilihlah nama yang tidak terlalu pendek dan juga tidak terlalu panjang. Nama yang terlalu pendek bisa mengakibatkan tertukarnya identitas jika anak memiliki nama yang sama dengan orang lain, sedangkan nama yang terlalu panjang akan mengakibatkan kesulitan dalam penulisan nama di dokumen-dokumen penting.
  6. Jika kita ingin memadukan beberapa gaya nama seperti nama bergaya barat dipadukan dengan nama bergaya tradisional daerah kita, perlu diperhatikan kesesuaian nama satu sama lainnya.
  7. Pilihlah nama sesuai dengan jenis kelamin bayi. Jika kita belum mengetahui jenis kelamin bayi, kita bisa memilih dua nama untuk perempuan dan untuk laki-laki atau memilih nama yang bisa digunakan untuk laki-laki maupun perempuan.
  8. Terakhir, nama-nama yang Islam tentu lebih utama bagi kita keluarga dakwah. [sumber: prenagen]
Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.