Jika Perempuan Merokok

 

, Jika Perempuan MerokokSepertinya tidak mungkin seorang Muslimah merokok. Tapi perempuan merokok banyak ditemukan di sekitar kita. Indonesia adalah salah satu Negara dengan jumlah perokok tertinggi di dunia. Pada tahun 2010 saja, jumlah perokok aktif di Negara kepulauan ini diperkirakan mencapai 58.588.607 jiwa. Dari jumlah itu, kelompok umur 15 – 19 tahun yang merokok aktif dan kadang-kadang mencapai 3.875.597 jiwa. Sementara itu, kelompok umur 20 – 24 tahun mencapai 5.772.359 jiwa. Data ini berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2010.

Dari sekian juta perokok itu, sebagiannya adalah wanita. Selain resiko terhadap kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh tembakau, rokok juga dapat memperburuk penampilan peghisapnya.

Berikut adalah enam dampak buruk yang disebabkan oleh rokok pada penampilan Anda, dilansir oleh vemale.com dari The Times of India baru-baru ini:

Kulit kendur dan keriput

Bahan kimia yang dilepaskan dari asap tembakau memicu kerusakan kolagen dan elastin sehingga menyebabkan kulit kendur dan keriput.

Garis di sekitar bibir

Pada saat merokok, elastisitas dari otot-otot yang terdapat di sekitar bibir menjadi hilang sehingga menyebabkan keriput dinamis di sekitar bibir.

Bintik-bintik gelap pada kulit

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa perokok lebih rentan terhadap bintik-bintik penuaan. Bintik-bintik penuaan adalah bercak berwarna gelap yang muncul pada kulit, umumnya pada wajah dan tangan.

Kuku bernoda

Merokok berlebihan menyebabkan perubahan warna pada kulit, kuku, dan gigi.

Rambut rontok

Semakin banyak merokok semakin cepat pula kerontokan rambut pada pria dan wanita. Hal ini disebabkan karena kandungan kimia yang terdapat pada rokok menyumbat pembuluh arteri yang membawa pasokan nutrisi bagi tubuh, termasuk kepala Anda.

Keriput di sekitar mata

Asap yang berasal dari pembakaran rokok menyebabkan area di sekitar mata menjadi keriput akibat bahan-bahan kimia pada tembakau telah merusak struktur kulit dan pembuluh darah di sekitar mata. [btr]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.