Jika Wanita Berkiprah di Bidang Politik (1)

0

gedung-dpr-ri-senayan

Perempuan, selain sebagai hamba Allah, ibu dari anak-anaknya, istri dari seorang suami, serta anak dari orangtuanya, adalah bagian dari masyarakat sebagaimana halnya laki-laki. Keberadaan keduanya di tengah-tengah masyarakat tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Tetapi merupakan satu kesatuan yang utuh, karena keduanya bertanggung jawab mengantarkan kaum Muslim untuk menjadi umat terbaik di dunia ini. Ini merupakan salah satu aktivitas politik yang harus dilaksanakan baik oleh laki-laki maupun perempuan secara bersama-sama dan berkesinambungan.

Sabda Rasulullah SAW “Siapa saja yang bangun di pagi hari dan tidak memperhatikan urusan kaum Muslim, ia tidak termasuk golongan mereka”. (HR al-Hakim dan al-Khatib).

Seruan hadits di atas bersifat umum, baik laki-laki maupun perempuan, artinya melakukan aktivitas politik bukanlah dominasi kaum laki-laki tetapi ia juga merupakan tanggung jawab kaum perempuan. Oleh karena itu, perempuan pun bertanggung jawab dalam aktivitas politik.

Berikut ini beberapa aktivitas politik yang boleh atau wajib diterjuni perempuan:

1. Kewajiban amar makruf nahi munkar

Aktivitas amar makruf nahi munkar merupakan kewajiban bagi bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan, karena nash-nash yang berkaitan dengan masalah ini

bersifat umum, berlaku baik bagi laki-laki maupun perempuan. Allah berfirman dalam QS Al-Imran ayat 104 yang artinya : “Hendaklah (wajib) ada segolongan umat yang menyerukan kepada kebaikan (Islam); memerintahkan kemakrufan dan mencegah kemungkaran. Mereka itulah orang-orang yang beruntung”

Juga dalam QS At-Taubah ayat 71, yang artinya :” Orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka melakukan amar makruf nahi munkar.”

Dari ayat di atas sangat jelas bahwa aktivitas amar makruf nahi munkar adalah kewajiban, bukan pilihan. Aktivitas ini merupakan aktivitas politik, karena politik adalah mengurusi urusan umat. Maka, melakukan aktivitas amar makruf nahi munkar juga merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seorang perempuan muslimah.

BERSAMBUNG

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline