in

Kalau Anak Kecanduan Main Game

anak main gameCoba perhatikan apakah anak Anda sudah dalam tahap begitu emosional ketika bermain bersama gadget-nya? Jika iya, itu artinya sebuah tanda merah untuk Anda. Walau bagaimanapun, kita tidak mungkin mengekang anak untuk tidak mengenal dunia game ini. Tapi itu tidak berarti juga membiarkannya begitu akrab dengan dunia yang tidak nyata itu.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika anak Anda sudah kecanduan main game. Tapi cara-cara berikut ini hendaknya tidak hanya dilakukan ketika anak sudah kena candu itu, mungkin juga bisa dilakukan sebelumnya.

  1. Sediakan waktu dan kebersamaan dengan anak lebih banyak, menemani anak di rumah. Jika Anda sangat sibuk, aturlah sedemikian rupa. Anggap saja anak anda sedang “sakit” dan perlu ditemani.
  2. Mengembangkan cara berkomunikasi yang lebih enak dan nyambung dengan anak.
  3. Berusaha memahami kebutuhan anak, termasuk bahasa anak. Menyelami game-game yang dimainkan supaya bisa menjadi pintu masuk Anda bicara dengan anak.
  4. Rencanakan waktu untuk makan bersama dan rekreasi bersama. Saat ngobrol dengan remaja yang enak adalah saat situasi mereka juga enak, saat makan dan santai.
  5. Jangan bicara apalagi dengan marah-marah kepada anak saat mereka sedang main game. Hal itu justru membuat mereka bertambah terluka. Berusaha bicara dengan menatap anak dengan kasih sayang. [Sumber: pendidikan karakter]

What do you think?

Written by

Writer di Rumah Keluarga Indonesia

HP untuk Anak SD, Perlukah?

Pohon Sidhratul Muntaha